Pilratin Serentak Sukses, Sejumlah Petahana Tumbang

Pilratin Serentak Sukses, Sejumlah Petahana Tumbang

Medialampung.co.id - Pemilihan Peratin (Pilratin) serentak di 60 pekon di Kabupaten Lampung Barat, yang digelar Rabu (23/2) sukses digelar. 

Kontestasi berlangsung sengit, sejumlah petahana tidak lagi bisa mempertahankan jabatannya untuk enam tahun kedepan, dengan mayoritas mengalami kekalahan tipis. 

Pada Pilratin serentak gelombang pertama ini, diikuti sebanyak 196 calon Peratin dari berbagai latar belakang, masyarakat biasa, TNI, PNS bahkan mantan anggota legislatif (Aleg). 

Dengan 196 calon peratin terdapat 95.108 Daftar Pemilih Tetap (DPT), serta 230 titik tempat pemungutan suara.

Bupati Lambar Parosil berkesempatan langsung menyampaikan hak pilih bersama istri di TPS 5 Pemangku Citra Mulya, Pekon Purawiwitan, kemudian memonitoring pelaksanaan pemilihan peratin serentak di sejumlah tempat lainnya. 

Ia merasa bangga, sebab pemilihan peratin serentak tersebut berjalan tertib, aman dan lancar. 

”Dari beberapa TPS yang saya kunjungi, saya merasa bangga karena semuanya berjalan dengan tertib sesuai dengan harapan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Pemerintahan pekon DPMP Lambar Ruspel Gultom mengatakan, Pilratin serentak perlu didukung oleh tiga faktor penting, yaitu integritas, kapasitas dan profesionalisme, sehingga bisa terciptanya Pilratin yang Aman, Damai dan Bermartabat.

"Alhamdulillah, untuk Pilratin di 60 pekon dilaksanakan dengan baik, sehingga terwujudnya harapan kita bersama yaitu, Pilratin serentak yang aman, damai dan bermartabat serta menghasilkan pemimpin yang amanah dan menjadi pelopor kemajuan pekon," ujarnya.

Pelaksanaan Pilratin serentak turut melibatkan personil TNI-Polri, Panitia Pemilihan Kabupaten serta pihak terkait lainnya untuk membantu memantau dan pengamanan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada pelaksanaan ajang demokrasi enam tahunan tersebut.

Selain itu, pelaksanaan Pilratin serentak hari ini tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

"Seperti wajib menggunakan masker, menjaga jarak, menyediakan tempat cuci tangan di tempat pemungutan suara dan pemilih pada masing-masing TPS maksimal hanya boleh sebanyak 500 DPT," tutupnya. (nop/lus/mlo) Data Sementara Hasil Pilratin Serentak 60 Pekon di Kabupaten Lampung Barat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: