Peserta VPM di Tigajaya Membludak, Polsek Sekincau Siapkan 800 Dosis Vaksin

Peserta VPM di Tigajaya Membludak, Polsek Sekincau Siapkan 800 Dosis Vaksin

Medialampung.co.id - Berkerjasama dengan Polres Lampung Barat dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sekincau. Pekon Tigajaya melaksanakan Vaksinasi Presisi Merdeka (VPM) bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Jaya Sakti, Rabu (6/10).

Kegiatan dipantau langsung Kapolsek Sekincau Kompol Sukimanto, Kepala UPT Puskesmas Martalena, S.Si., dan Peratin Prayetno dan jajaran masing-masing.

Warga yang hadir cukup banyak hingga membuat antrian yang besar di pintu masuk GSG kebanggan Pekon Tigajaya. Kondisi itu tentu menandakan animo untuk diberikan vaksinasi terus meningkat. 

Kapolsek Sukimanto menegaskan, meskipun dari pihak Pekon Tigajaya, menargetkan vaksinator kepada 500 orang, namun sebagai bentuk antisipasi vaksin yang disiapkan berjumlah 800 dosis. 

"Dosis sengaja kita lebihkan dari target awal, pertama karena dalam vaksinasi aman dan halal ini, bisa diikuti oleh warga mulai umur 12 Tahun, dan dari pekon dan kelurahan lain. Juga upaya agar masyarakat bisa terlayani secara maksimal jangan sampai ada yang pulang karena habis vaksin," tegas Sukimanto. 

Pihaknya juga menyebutkan untuk kelancaran dan suksesnya vaksinasi, petugas tidak terlalu membebani warga urusan persyaratan, bahkan jika ada yang syaratnya belum lengkap seperti KTP, Kartu Keluarga, tetap dapat diberikan vaksin dengan memberikan catatan kependudukan dan pihak pekon mengetahui.

"Bagi warga yang syaratnya belum lengkap, apa KTP hilang asal jelas domisilinya, kami berikan kelonggaran divaksin. Namun ketika menjalani vaksinasi ke dua syarat harus sudah ada. Artinya dalam vaksinasi ini kita juga menerbitkan data kependudukan," tegasnya. 

Pada kesempatan itu Sukimanto, mengapresiasi upaya pihak pekon dalam mengajak masyarakat divaksin. "Antusias warga timbul untuk divaksin berkat sosialisasi pekon, dalam mengkonter berita hoax, oleh sebab itu jangan sampai ada pihak yang mempersulit vaksinasi ini karena apa yang kita lakukan konteksnya aksi kemanusiaan," imbuhnya. 

Pihaknya mensyukuri hingga saat ini di wilayah hukum Polsek Sekincau, melalui pelayanan Polsek telah direalisasikan 5000-an dosis. Dan diharapkannya sesuai nawaitu mampu menyentuh 7000 dosis dengan progres diatas 50 persen. 

Sementara Peratin Tigajaya Prayetno menyebutkan, awalnya ketika mendapatkan informasi dari Kapolsek terkait vaksinasi, pihaknya langsung berkoordinasi dengan jajaran dan menginformasikan ke warga untuk mendaftarkan diri dan diupayakan semaksimal mungkin. 

Mengingat vaksinasi ini menjadi kesempatan yang baik bagi warga, sebab dalam pelayanannya petugas yang datang ke pekon. 

"Tentunya kita berharap semua warga dapat divaksin karena dengan begini upaya mengedalikan Covid-19. Dan alhamdulilah warga saya sangat antusias untuk divaksin," ujarnya. (r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: