Jabatan Kepala SMA/SMK Lambar dan Pesbar Dirotasi 

Jabatan Kepala SMA/SMK Lambar dan Pesbar Dirotasi 

Medialampung.co.id - Mengawali Tahun Pelajaran (TP) 2022 Dinas Pendidikan Provinsi Lampung (Lampung) melakukan rotasi jabatan kepala sekolah (Kepsek) SMA dan SMK.

Seperti diwilayah Kabupaten Lampung Barat dan Pesisir Barat terjadi rolling dan promosi beberapa kepsek dalam rangka penyegaran jabatan untuk peningkatan mutu pendidikan.

Berdasarkan keterangan Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah III, Kabupaten Lambar dan Pesbar, Jonisdar Ali, S.Sos, M.M., selain penyegaran, rolling dilaksanakan untuk mengisi kekosongan kepsek. 

Seperti di tingkat SMA di Kabupaten Lampung Barat, Kepsek SMAN 1 Kebuntebu Sugeng, pindah kepala SMAN 1 Airhitam. Kepala SMAN 1 Airhitam Dasril pindah kepala SMAN 1 Belalau, Kepsek sebelumnya Ansori kembali sebagai guru SMAN 1 Liwa. 

Di SMAN 1 Kebuntebu diisi Supriantoro yang sebelumnya menjabat kepala SMAN 2 Waytenong. Dan di SMAN 2 Waytenong di isi kepsek baru (promosi) Herna Puri jabatan sebelum guru di SMAN 1 Belalau. 

Kepala SMAN 1 Batubrak Nafsiah dengan kepala SMAN 1 Liwa Riston Yadi tukar tempat. Kemudian Kepala SMAN 1 Lumbokseminung, Benson Supri, pindah ke SMAN 1 Sukau. Dan mengisi jabatan Kepala SMAN 1 Lumbokseminung Kepsek Promosi Reza Uldin yang sebelumnya menjabat guru di SMAN 1 Sukau. Dan Kepala SMAN 1 Sukau yang lama Haikan, kembali sebagai guru di SMAN 1 Liwa. 

Sementara untuk tingkat SMK, kepala SMKN 1 Liwa Yusuf tukar posisi dengan Kepala SMKN 1 Bengkunatbelimbing Tri Yunita. Kepala SMKN 1 Pagardewa, Edi Setiawan mengisi kekosongan kepala SMKN 1 Waytenong. Dan Kepala SMKN 1 Pagardewa Herlina yang Promosi dari guru di SMKN 1 Kebuntebu. 

Dijelaskan Kacapdin Jonisdar Ali, roling jabatan merupakan hal biasa dalam struktur pemerintah bertujuan untuk penyegaran. Namun dalam penempatan dan pengangkatan pejabat baru tentunya harus melalui ketentuan seperti mengikuti tahapan Calon Kepala Sekolah (Cakep) dan dinyatakan lulus Uji Kompetensi (Ukom) artinya tidak semata-mata hanya di pindahkan. 

Karena itu dengan dilakukan rolling ini, diharapkannya mudah-mudahan, semakin meningkatkan kinerja, tanggung jawab, dalam peran mencerdaskan pendidikan menjadi lebih baik lagi.

Sebelumnya, di penghujung 2021, Pemprov Lampung melantik 97 kepala SMA/SMK di Lampung, di GSG SMAN 2 Bandar Lampung, dipimpin Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, disaksikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulpakar, serta sejumlah pejabat dinas setempat.

Kepala Disdikbud Lampung Sulpakar menerangkan melantik sejumlah kepala SMA/SMK tersebut sebuah penghargaan terhadap guru berkinerja baik.

Dia berharap kepada seluruh kepala sekolah tersebut mampu memajukan mutu pendidikan sekolah menjadi lebih baik. (r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: