Peringati HPSN, Pemkab Lambar Gelar Aksi Bersih Serentak dan Tanam Pohon

Peringati HPSN, Pemkab Lambar Gelar Aksi Bersih Serentak dan Tanam Pohon

Medialampung.co.id - Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2022, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lampung Barat, menggelar aksi bersih-bersih sampah dan tanam pohon serentak di 15 kecamatan, Senin (21/2).

Salah satunya pembersihan sampah, di pinggir jalan nasional perbatasan Pekon Canggu-Kotabesi, Kecamatan Batubrak pada Senin (21/2).

Di lokasi tersebut DLH menerjunkan 50 orang petugas dan tujuh armada sampah. Untuk penanaman pohon dilakukan di Kebun Raya Liwa (KRL) dan Taman Kehati yang juga dilakukan aksi bersih-bersih Danau Ranau pada Selasa (22/2). 

Bupati Lambar Parosil Mabsus, saat meninjau langsung kegiatan bersih-bersih di perbatasan Pekon Canggu-Kotabesi berharap dengan adanya kolaborasi antara pasukan oranye bersama pasukan kebersihan, Satpol-PP dan masyarakat, agar apa yang menjadi permasalahan selama ini tentang sampah bisa ditangani. 

"Karena jika semuanya diserahkan kepada Pemerintah Daerah tidak akan berjalan maksimal, sebab personil kita sangat terbatas. Yang paling penting adalah bagaimana agar mengedukasi masyarakat dan melibatkan masyarakat dalam penanganan sampah ini," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala DLH Lambar Muhammad Henry Faisal, SH., MH., mengimbau kepada masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya, agar evakuasi sampah tersebut mudah dilakukan.

"Aksi yang kita lakukan hari ini serentak di 15 Kecamatan. Untuk petugas kami difokuskan untuk pembersihan sampah utamanya yang berada di jalan nasional ini dalam rangka peringatan HPSN 2022," ungkap Henry. 

Ia melanjutkan, di Lambar juga sudah ada Peraturan Daerah (Perda) No.4/2018 yang mengatur tentang pengelolaan sampah. Pada Perda tersebut terpampang jelas sanksi berupa denda hingga puluhan juta hingga pidana mengancam masyarakat yang tetap nekat membuang sampah di lahan tersebut. 

"Kami juga mendorong agar para Peratin bisa menganggarkan dari Dana Desa (DD) untuk mengatasi permasalahan sampah, sesuai dengan tema HPSN hari ini, yakni kelola sampah, kurangi emisi, dan bangun program kampung iklim, sebab permasalahan sampah menjadi tanggung jawab kita semua," imbuhnya. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: