Terseret Longsor, Ruas Jalan Sebarus-Padang Dalom Terancam Putus 

Terseret Longsor, Ruas Jalan Sebarus-Padang Dalom Terancam Putus 

Medialampung.co.id - Jalan lingkar kabupaten tepatnya penghubung Pekon Sebarus dengan Pekon Padangdalom, Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat terseret longsor dan terancam putus. Kerusakan jalan yang ambles semakin parah sejak itu dilanda cuaca ekstrim.

Peratin Sebarus non aktif (Cuti) Melky Dafirzata, S.E, menuturkan kerusakan jalan lingkar kabupaten yang menjadi akses menghubung antar tiga pekon yaitu Sebarus, Padang Dalom dan Watas itu telah dilaporkan ke badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) dan Dinas PUPR namun sejauh ini pihaknya belum mendapat informasi lebih lanjut terkait langkah penanganan yang akan dilakukan.

“Jalan ambles ini terjadi di dua titik dan dua-duanya mengancam putusnya badan jalan dan bencana ini sudah kami laporkan ke BPBD dan dinas PU bahkan sebelumnya tim sempat turun untuk mengecek, sehingga kami berharap segera ada upaya penanganan darurat untuk meminimalisir kerusakan yang lebih parah,”ungkap Melky. 

Lebih lanjut ia mengatakan, selain menjadi penghubung antar pekon, jalan itu juga menjadi akses utama dari pusat pekon menuju tiga pemangku yaitu Pemangku Tikoran, Umbullioh dan pemangku Sukajaya sehingga keberadaannya menjadi sarana vital masyarakat.

“Khususnya masyarakat kami sangat menggantungkan kelancaran aktivitas dalam bertani maupun berkebun dari jalan ini sehingga jika jalan ini putus maka akan menghambat perputaran roda perekonomian masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Bina Marga Robert Putra mewakili Kepala dinas PUPR Ir Ansari mengatakan pihaknya tengah menghitung anggaran bersumber dana tanggap darurat sekaligus rencana penanganan.

“Sudah diprioritaskan dan akan ditangani tahun ini, saat ini kami masih menghitung dan menentukan penanganan, dan jika anggaran sudah siap maka langsung dilaksanakan,” tutup Robert. (edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: