Team Penilai Lomba Desa Laksanakan Penilaian di Desa Sumberjaya 

Team Penilai Lomba Desa Laksanakan Penilaian di Desa Sumberjaya 

Medialampung.co.id - Team penilai lomba Desa kunjungi desa Sumberjaya Kecamatan Jatiagung guna melaksanakan penilaian dalam rangka keikutsertaan lomba desa tingkat Kabupaten, Senin (21/2).

Hadir dalam agenda kegiatan ini Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) yang diwakili Kabid Kelembagaan Nasron, Camat Jatiagung Eko Irawan, S.STP, M.M, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kepala Desa Sumberjaya Idham, Jajaran Forkopimcam Jatiagung, Aparatur Desa, dan Kader PKk desa Sumberjaya 

Dalam pemaparannya Kabid kelembagaan Dinas PMD Lamsel Nasron mengungkapkan, ada tiga indikator penilaian dalam lomba desa ini diantaranya, Bidang Pemerintah yang meliputi pemerintahan, kinerja, kreativitas pemberdayaan, teknologi informatika, dan pelestarian budaya. 

Kedua Bidang kewilayahan yang meliputi identitas desa, batas desa, inovasi desa tanggap siaga bencana, dan pengaturan investasi.

“Penilaian yang terakhir Bidang Kemasyarakatan meliputi, partisipasi masyarakat, lembaga masyarakat, pemberdayaan, keamanan, pendidikan, ekonomi, kesehatan, penanggulangan kemiskinan, dan peningkatan kapasitas masyarakat," ungkapnya.

Lanjutnya, maksud dan tujuan diadakannya lomba desa ini sebagai motivasi agar desa bisa cepat maju dan desa menggali potensi di desa itu sendiri.

"Nantinya akan kita pilih tiga kategori desa dari evaluasi ini yakni Desa Kurang/Lambat Berkembang, Desa Berkembang dan Desa Cepat Berkembang, dimana desa berkembang dan cepat berkembang nantinya akan kita ikutkan lomba desa tingkat provinsi mewakili Kabupaten," jelasnya.

Sementara Camat Jatiagung Eko Irawan, S.STP, M.M mengungkapkan bahwa dipilihnya Desa Sumberjaya untuk maju dalam kontestasi lomba desa ini lantaran saat ini Desa Sumberjaya memiliki pemimpin baru yang masih muda, dan mempunyai semangat dalam membangun desa yang kuat

Setelah selesai acara tersebut, Kepala Desa Sumberjaya Idham bersama team penilaian dan didampingi Camat mengunjungi PAUD Desa, pos kesehatan serta tanaman toga serta posko Pokja desa dan Pos UMKM dan promosi-promosi makanan buatan PKK Sumberjaya.(wji/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: