Targetkan 259 Orang, Puskesmas Gedungsurian Gelar Pelayanan KB Manunggal TNI

Targetkan 259 Orang, Puskesmas Gedungsurian Gelar Pelayanan KB Manunggal TNI

Medialampung.co.id - Tim medis Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat menggelar kegiatan pelayanan KB Manunggal TNI Kamis (21/8).

Dalam pelayanan itu dihadiri Komandan Koramil (Danrami) 422/06 Sumberjaya Kapten Arm Iwan Sudrajat, dan anggota,  Kepala UPT Puskesmas Gedungsurian NS Asminudin, S.Kep., Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kecamatan Gedungsurian Zaenal. 

Ditegaskan Asminudin, Program KB merupakan program kegiatan promotif dan preventif yang terpadu, menyeluruh dan berkesinambungan.

Pelayanan promotif dan preventif meliputi konseling dan penggunaan kontrasepsi Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dan non Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (non MKJP).

"MKJP merupakan metode kontrasepsi yang harus digalakkan karena efektifitasnya relatif lama antara tiga tahun sampai seusia hidup yang terdiri dari implan, Intra Uterine Device (IUD)," tegasnya.

Pada era pandemi ini Covid-19 pelayanan KB masih tetap berjalan dengan mengedepankan protokol kesehatan dengan 5M. 

Berdasarkan data dari Zaenal dalam pelayanan KB itu target yang diberikan, akseptor Spiral (IUD), Implan (Susuk), Suntik, Pil, Kondom dari masing-masing pekon meliputi Pekon Gedungsurian, Trimulyo, Mekarjaya, Puramekar dan Ciptawaras, 59 orang atau total keseluruhan 259 orang. (rinto arius)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: