Tahun Ini, Tiga Kecamatan di Lambar Dapat Bantuan Bentor 

Tahun Ini, Tiga Kecamatan di Lambar Dapat Bantuan Bentor 

Medialampung.co.id - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Lampung Barat tahun ini ada pengadaan tiga unit bentor untuk perpustakaan keliling (Perpusling).

Bantuan kendaraan bentor tersebut rencananya akan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus pada saat peresmian kantor UPT pelayanan terpadu Kecamatan Waytenong sekaligus peluncuran buku perjalanan dua tahun kabupaten literasi, Kamis (10/12).

“Tiga unit kendaraan bentor tersebut akan dialokasikan untuk tiga kecamatan yaitu Kecamatan Gedungsurian, Kecamatan Airhitam dan Kecamatan Belalau. Kendaraan bentor tersebut juga akan dilengkapi dengan buku,” ujar Kepala Dispersip Drs. Saripan Halim, Senin (7/12).

Menurut dia, kegiatan pengadaan bentor untuk Perpusling ditingkat kecamatan telah dilaksanakan Pemkab Lambar melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan mulai tahun 2019. Dimana pada tahun 2019 ada empat unit yang dialokasikan untuk Kecamatan Kebuntebu, Kecamatan Way Tenong, Kecamatan Sekincau, dan Kecamatan Bandarnegeri Suoh, tahun ini tiga unit yaitu untuk Kecamatan Gedungsurian, Kecamatan Airhitan dan Kecamatan Belalau, dan satu unit untuk Kecamatan Sumberjaya yang bersumber dari CRS Bank Pembangunan Daerah (BPD), sementara untuk Kecamatan Balikbukit sudah ada kendaraan perpustakaan keliling yang standby di kantor Dispersip. 

Untuk tahun 2021, lanjut dia, pihaknya mengusulkan pengadaan enam unit bentor untuk perpustakaan keliling di enam kecamatan yaitu Kecamatan Suoh, Kecamatan Pagardewa, Kecamatan Sukau, Kecamatan Lombokseminung, Kecamatan Batubrak, dan Kecamatan Batuketulis.

“Target kita tahun depan, 15 kecamatan di Kabupaten Lambar telah memiliki bentor untuk Perpusling,” kata dia

Kata dia, pemerintah daerah belum bisa membangun gedung perpustakan keliling di setiap kecamatan, sehingga untuk mendukung program literasi di Kabupaten Lambar maka pihaknya mengusulkan pengadaan bentor untuk setiap kecamatan.

“Saya berharap dengan adanya kendaraan bentor untuk perpustakaan keliling tersebut, akan meningkatkan minat baca masyarakat baik melalui perpustakaan digital maupun secara langsung mengunjungi perpustakaan keliling dalam rangka mendukung kabupaten literasi,” pungkas Saripan. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: