Peratin Harun Sampaikan Prioritas Usulan Musrenbang Kecamatan 

Peratin Harun Sampaikan Prioritas Usulan Musrenbang Kecamatan 

Medialampung.co.id - Pembangunan infrastruktur fisik jalan mendominasi usulan yang akan diajukan oleh Pekon Simpangsari, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan yang akan dilaksanakan pada Kamis (3/2) mendatang.

Dikonfirmasi di balai pekon setempat pada Rabu (2/2), Peratin Harun Sohar, membocorkan beberapa di antara usulan yang telah disusun pekon itu untuk diajukan saat musrenbang kecamatan. 

Diakuinya sebetulnya sangat banyak usulan yang bisa diajukan pekon itu melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), termasuk tentang terobosan-terobosan pembangunan yang sifatnya untuk Pendapatan Asli Pekon (PAD). Namun, karena terbentur dengan skala prioritas tentu yang diutamakan yang berkaitan dengan kelancaran aktivitas warga dalam mendorong pergerakan roda ekonomi masyarakat. 

Dijelaskan Peratin Harun Sohar yang baru Pensiun dari status Aparatur Sipil Negara (ASN) Guru SMPN 2 Sumberjaya tersebut. 

Di antara usulan yang akan diajukan seperti pemasangan bronjong titik longsor di SMPN 2 Sumberjaya, kemudian usulan pembangunan lanjutan di Pemangku Gunungsari volume 300 meter yang saat ini masih dalam kondisi onderlagh sejak 1996 atau ketika pekon itu masih jadi bagian dari Desa Simpangsari.

"Usulan pembangunan lanjutan ruas jalan Pemangku Gunungsari karena di wilayah itu telah dihuni sekitar 100 Kepala Keluarga yang juga berfungsi sebagai jalan produksi, pertanian, perkebunan dan sawah," terangnya. 

Lanjut Harun usulan lain masih terkait peningkatan pembangunan badan jalan di Pemangku Sumbersari dimana ruas yang juga dimajukan usulannya sepanjang Satu Kilometer (1000 meter) dimana jalur itu sebagian sudah onderlagh dari program PPIP tahun 2000-an dan sebagian masih berupa jalan tanah, yang sering membuat warga terkendala keluar masuk terutama ketika musim hujan seperti sekarang ini. 

Masih terkait pembangunan infrastruktur usulan pembangunan rabat beton volume 150 meter, jembatan, talud penahan tanah dan Drainase serta bronjong di Pemangku Wonosari. Dimana titik tersebut pernah dilakukan peninjauan langsung oleh Bupati Parosil Mabsus. 

Dan usulan lainnya pengadaan sarana bak sampah atau container serta bantuan ternak kambing dalam mendukung ekonomi warga. 

"Inilah beberapa usulan yang akan kami ajukan dan itu semua menjadi kebutuhan urgen masyarakat dalam memberikan lancaran mobilitas masyarakat dalam perputaran ekonomi menuju masyarakat sejahtera, Pekon Simpangsari Hebat," tandasnya.(r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: