Wagub Nunik dan Bupati Musa Gelar Apel Siaga Pencanangan Perdana Vaksinasi PMK

Wagub Nunik dan Bupati Musa Gelar Apel Siaga Pencanangan Perdana Vaksinasi PMK

--

Medialampung.co.id - Pemerintah terus melakukan berbagai upaya guna menekan peningkatan dan mencegah meluasnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang terjadi akhir-akhir ini.

Penyakit pada hewan ternak tersebut disebabkan oleh virus yang dapat menular melalui udara, sehingga penyebarannya bisa sangat cepat hingga radius 10 km. 

Kondisi ini tentunya mendapatkan perhatian secara khusus dari pemerintah dan pada hari ini Sabtu 25 Juni 2022 Wakil Gubernur Lampung Chusnunia bersama Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad menggelar Apel Siaga Pencanangan Perdana Vaksinasi PMK pada hewan di Seputihagung. 

Dalam kesempatan tersebut hadir perwakilan dari tiap kabupaten/kota, Forkopimda Lampung Tengah dan para peternak se-Lampung. 

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia (Nunik) mengatakan Apel Siaga ini guna mempersiapkan dan Mencegah Penyakit PMK pada hewan dan ini merupakan pendistribusian Vaksin Perdana di Lampung dan serentak di 19 Provinsi di Indonesia. 

Tidak hanya diperuntukan untuk hewan yang sudah terjangkit namun Vaksin ini diperuntukan untuk hewan yang sehat sehingga nantinya tidak menular ke Hewan yang belum terjangkit PMK ini. 

“Pelaksanaan Vaksin ini akan berlangsung selama 25 Juni - 7 Juli 2022, mengingat kedepan kita akan menyambut Idul Adha dan persediaan kita harus cukup dan juga hewan yang akan dikirim ke Luar Daerah Harus Sehat. Target Pelaksanaan Vaksin ini sebesar 70%,” terang Nunik. 

Sementara itu Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad saat diwawancarai Awak media mengucapkan terimakasih Kepada Pemerintah Pusat dan Provinsi atas bentuk perhatian kepada Peternak yang ada di Lampung Tengah. 

“Mengingat Lampung Tengah merupakan Lumbung ternak terbesar di Provinsi Lampung, dan Alhamdulillah sampai saat ini belum ada Hewan yang terjangkit penyakit PMK di Lampung Tengah” ujarnya.

 

“Hal ini merupakan bentuk kesiapan kita dalam menanggulangi secara cepat dan tepat penyakit PMK ini. Pemkab Lampung Tengah Juga secara cepat di awal beredarnya Penyakit PMK ini bulan lalu sudah membentuk Satgas Penyakit PMK,” ungkapnya. (rls/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: