Lambar Satu-satunya di Lampung yang Mendapatkan DAK Fisik Bidang Pariwisata Tahun 2023

Lambar Satu-satunya di Lampung yang Mendapatkan DAK Fisik Bidang Pariwisata Tahun 2023

Kabid Pengembangan Destinasi dan Kelembagaan Pariwisata Disporapar Lambar Andilya Pratama--

Medialampung.co.id - Lampung Barat satu satunya kabupaten dari Provinsi Lampung yang mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Pariwisata tahun anggaran 2023.

"Setelah dua tahun yakni tahun anggaran 2021 dan 2022 Lampung Barat tidak mendapatkan aliran dana DAK Bidang Pariwisata, Alhamdulillah berkat kerjasama dan kerja keras kita semua pada tahun anggaran 2023 kabupaten lampung barat dipastikan mendapatkan dana dak fisik bidang pariwisata dan menjadi satu satunya kabupaten dari Provinsi Lampung yang mendapatkan dana DAK Fisik Bidang Pariwisata tersebut," ungkap Kabid Pengembangan Destinasi dan Kelembagaan Pariwisata Andilya Pratama mendampingi Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Drs. Nukman, Rabu (22/6)

Dijelaskannya, setelah melakukan beberapa tahapan seperti pengajuan proposal dan pemaparan dengan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif melalui Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, serta pengumpulan data lokasi prioritas daya tarik wisata (DTW) dengan persyaratan tanah atau lahan clear and clean, memiliki organisasi perangkat daerah bidang pariwisata, dan yang terpenting memiliki masterplan yang mendetailkan secara umum pembangunan dan pemanfaatan aspek ekonomi dan budaya maka diajukanlah tiga destinasi pariwisata prioritas Kabupaten Lampung Barat yakni Kebun Raya Liwa, Kawasan Seminung Lumbok Resort serta Temiangan Hill.

"Kita mengajukan tiga Destinasi Pariwisata di Kabupaten Lambar," kata dia.

Masih kata dia, setelah beberapa tahapan rapat dan pengumpulan data dengan Kementerian Parekraf Deputi Pengembangan Destinasi akhirnya Lokpri DTW Kebun Raya Liwa terpilih untuk mendapatkan alokasi dana DAK Fisik tahun anggaran 2023.

Untuk diketahui pada tahapan awal lebih dari 300 DTW Kabupaten dan Provinsi yang menjadi lokasi prioritas dana DAK Fisik Bidang Pariwisata, kemudian kurasi menjadi 150, kurasi kembali menjadi 97 dan akhirnya menjadi 77 destinasi wisata se-Indonesia yang menjadi lokasi prioritas penerima DAK Fisik Bidang Pariwisata. Dimana Kabupaten Lampung Barat menjadi salah satu penerimanya.

Lebih jauh Andilya mengungkapkan, sementara untuk besaran pagu anggaran DAK yang diterima akan diputuskan pada kisaran bulan Agustus sampai Oktober 2022 karena saat ini Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata melalui Bidang Pengembangan Destinasi masih melakukan tahapan penginputan menu DAK melalui aplikasi Krisna sampai dengan tanggal 6 Juli yang kemudian akan diverifikasi oleh deputi pengembangan destinasi Kementerian Parekraf.

 

"Saat ini saya sedang mengikuti bimbingan teknis Penguatan Pengelolaan DAK Fisik Bidang Pariwisata di Gedung Keuangan Negara di Kota Medan Sumatera Utara. Semoga semua menu DAK Fisik yang kita usulkan dapat disetujui oleh Kementerian Parekraf demi kemajuan destinasi pariwisata di Kabupaten Lampung Barat," pungkas dia. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: