Pemkab Lampura Dorong Pembentukan Pokdakan dan Koperasi Perikanan

Pemkab Lampura Dorong Pembentukan Pokdakan dan Koperasi Perikanan

Medialampung.co.id - Dinas Perikanan Kabupaten Lampung Utara, mendorong pembentukan kelompok pembudidaya ikan (pokdakan).

Kadis Perikanan Lampura Sanny Lumi mengatakan pihaknya mendorong terbentuk kelompok tani ikan disana sebagai upaya meningkatkan peremonomian masyarakat.

Sebab, kata dia, selama ini masih banyak usaha masyarakat yang dilaksanakan tanpa membentuk kelompok. Sehingga tidak akan mendapatkan bantuan dari pemerintah, mulai dari benih, bibit sampai dengan alat budidaya guna mendongkrak hasil perikanan di kabupaten berjuluk Tunas Ragem Bumi Lampung itu.

"Seperti kemarin, Selasa (4/2) lalu, ada pembentukan di Desa Skipi, Kecamatan Abung Tinggi. Disana banyak masyarakat yang berusaha dibidang perikanan kolam, namun masih belum ada kelompok tani ikan. Oleh karena itu, kita pemerintah mendorong mereka untuk membentuk podakan agar dapat dibantu pemerintah," kata dia, Rabu (5/2).

Selain mendorong pembentukan pokdakan, menurut Sanny, pihaknya juga mendorong terbentuknya koperasi. Sebagai wadah anggota dalam mengembangkan usaha, semisal pengusulan pinjaman lunak untuk modal usaha dan lainnya. Sehingga apa yang menjadi usaha dapat berkembang sebagaimana mestinya.

"Bukan hanya sebagaimana sarana komunikasi, tapi juga bagaimana menjalin kemitraan. Baik itu pra produksi maupun paska, sehingga mendukung peningkatan ekonomi warga. Juga dapat mendorong peningkatan pendapatan asli daerah," terangnya. (rnn/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: