Pembinaan dan Monitor, Camat Agus Berikan Arahan Seputar ADD TA 2022

Pembinaan dan Monitor, Camat Agus Berikan Arahan Seputar ADD TA 2022

Medialampung.co.id - Pihak Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat mengawali Tahun Anggaran (TA) 2022, sejak Senin (3/1) melaksanakan pembinaan dan monitoring secara berkeliling ke pekon-pekon.

Seperti Kamis (6/1) menjadi giliran Pekon Trimulyo pada pagi harinya dan siang hari di Pekon Gedungsurian. Dan dengan selesainya dilaksanakan pembinaan di dua pekon itu, artinya seluruh pekon di kecamatan tersebut telah dilaksanakan.

Camat M.Agus Setiawan, S.E, M.M., dalam pembinaan dan monitoring tersebut diantaranya mengenai pertanggungjawaban Anggaran Dana Desa (ADD) dan Anggaran Dana Pekon (ADP) TA 2021. 

"Dalam monitor kita meninjau kegiatan fisik dan pemberdayaan yang masuk realisasi tahap tiga Dana Desa 2021," terangnya.

Dalam pembinaan itu juga pihak kecamatan memberikan arahan untuk Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Empat Puluh Persen (40%), agar segera ditindaklanjuti Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 104.

Seperti sesegera mungkin membuat rencana Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBdes) TA 2022, untuk dapat disahkan setelah keluarnya Peraturan Bupati (Perbub). "Dalam kesempatan ini kami juga melakukan pembinaan pelaksanaan aparatur pekon sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing," tegas Agus. 

Agus juga menghimbau semua pekon di Kecamatan Gedungsurian, agar Laporan Pertanggungjawaban (Lpj) 2021 terselesaikan secara administratif dan pelaksanaannya harus 100% terlaksana.

Dan kembali untuk BLT-DD segera dilaksanakan Musyawarah Dusun (Musdus) hingga tingkat pekon, dengan jadikan vaksin Covid-19 sebagai syarat kesepakatan musdus dan musdes. 

Mengingat di Kecamatan Gedungsurian sudah empat pekon berstatus Desa Mandiri melalui Indeks Desa Membangun (IDM) Kementerian Desa Tertinggal PDTT RI, sehingga aparatur dapat bersinergi dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), terhadap pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik. (r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: