Pelaksanaan US Tingkat SMA di Lampung Barat Berjalan Lancar 

Pelaksanaan US Tingkat SMA di Lampung Barat Berjalan Lancar 

Medialampung.co.id - Ujian Sekolah (US) tingkat SMA yang dilaksanakan pada 14-19 Maret secara tatap muka, hingga hari ke empat Kamis (17/3) berjalan lancar.

Saat dikonformasi, Kepala Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Lampung Barat Satarudin, M.Pd., yang juga kepala SMA Negeri 1 Sumberjaya menyampaikan, US tahun pelajaran 2021-2022 dilaksanakan  serentak di seluruh Provinsi Lampung serta diikuti seluruh SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Lambar.

Dimana dalam pelaksanaannya dilakukan secara tatap muka dengan protokol kesehatan (prokes) ketat seperti wajib pakai masker,  ruangan dikondisikan seperti Ujian Nasional (UN), yakni per Satu ruang di isi 20 siswa peserta ujian.

Lanjut Satarudin, dalam US tersebut sendiri yang diujikan seluruh mata pelajaran dan Muatan Lokal (Mulok) siswa kelas 12.

"Hasil US ini untuk penentu kelulusan atau ujian yang menentukan kelulusan sekolah," tegasnya.

Dan dalam pelaksanaannya di monitoring langsung oleh Kepala Cabang (Kacab) Wilayah III Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung Jonisdar, M.M.

Di tempat lain, disampaikan Kepala SMAN 1 Liwa Nafsiah, M.Pd, dengan selesainya US nanti, maka tahapan berikutnya adalah pengumuman kelulusan Mei mendatang. 

"Untuk penentu kelulusan tahun ini yang menentukan hanya pihak sekolah, dengan ujian sekolah dan nilai rapot, serta nilai sikap selama menjadi peserta didik, sebelumnya sudah dilaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) yang proses ujiannya sama persis dengan US," terangnya. 

Nafsiah juga menyampaikan dari awal PAT dan US pihaknya menekankan kepada siswa dalam pengisian ujian yang dilaksanakan secara manual dilakukan dengan jujur. Apalagi, menurutnya kualitas soal ujian langsung dari pihak provinsi.

Setelah selesainya US masih ada tahapan yakni korektor bersama dan rapat kelulusan 

"Setelah korektor bersama akan dilakukan rapat kelulusan dan saya mengapresiasi pemahaman siswa dalam pelaksanaan US dengan mentaati prokes dalam PTM. (r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: