Pekon Padang Tambak Tutup Tahun Dengan Musrenbang 

Pekon Padang Tambak Tutup Tahun Dengan Musrenbang 

Medialampung.co.id - Pemerintah Pekon Padangtambak, Kecamatan Waytenong, Kabupaten Lampung Barat menutup tahun anggaran (TA) 2021 yang tinggal menghitung hari pergantian tahun dengan Musyawarah Rencana Pembangunan (Murenbang) usulan 2022 realisasi 2023.

Dalam agenda tahunan pekon tersebut, turut hadir tim dari Kantor Kecamatan Waytenong, diantaranya Kasi PMP Supriono, S.E., Kasi Trantib Romdoni, PKTD Dedi, Pendamping Lokal Desa (PLD) Sahul Anuar, seluruh aparatur pekon tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, para kepala sekolah, dan perwakilan kelompok tani (Poktan).

Aparatur pekon setempat Doni Hirawan, mendampingi Peratin Non Aktif (Cuti) Kurnaedi, menyampaikan musrenbang tersebut pembahasan usulan fokus dengan usulan non Anggaran Dana Desa (ADD), atau usulan yang dimajukan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), Kabupaten dan seterusnya.

Dijelaskannya usulan yang masuk cukup beragam walaupun didominasi kegiatan fisik, yakni usulan pembangunan lanjutan infrastruktur jalan, bidang pendidikan dan usulan bidang pertanian, perkebunan oleh Kelompok Tani.  

"Dalam musrenbang ini, kita menyerap aspirasi masyarakat. Kemudian akan dipilah skala prioritasnya yang akan diusulkan melalui APBD, untuk diajukan pada musrenbang tingkat kecamatan yang biasanya dilaksanakan setiap awal tahun," terangnya.

Sementara terkait ADD, pihaknya menyebutkan. Dalam pemanfaatan dana pusat yang dikelola langsung pekon itu, sudah dibahas skala prioritasnya melalui Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Pekon. 

Dan saat ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Dana Desa sebanyak 40% untuk Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) artinya setelah itu diberlakukan maka warga Pekon Padangtambak yang akan menerima BLT-DD semakin banyak yang diprediksi ratusan Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dari tahun 2021 yang sebanyak, 38 KPM. 

"Selain 40% untuk BLT-DD 20% untuk bidang pangan dan Delapan persen minimal penanganan Covid-19," imbuhnya. 

Pada kesempatan itu Doni menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung program kerja pekon. 

"Semoga tahun depan apa yang menjadi harapan dapat dilaksanakan dengan baik sebagaimana saat ini," tandasnya.(r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: