Wakil Ketua Komisi III DPRD Lampung Tak Yakin Pemutihan Pajak Capai Terget, Ini Alasannya

Wakil Ketua Komisi III DPRD Lampung Tak Yakin Pemutihan Pajak Capai Terget, Ini Alasannya

Medilampung.co.id - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Lampung menyatakan potensi persentase Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bisa didapatkan dari pemutihan pajak kendaraan bermotor sekitar Rp270 miliar.

Menyikapi itu, Wakil Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Noverisman Subing mengatakan program pemutihan pajak kendaraan bermotor yang digalakkan bapenda mulai dari 1 April sampai dengan 30 September 2021 belum mencapai target.

"Ini diyakini tidak mencapai target, karena saat ini yang masuk baru sekitar 26 persen dan memang ada beberapa alasan mendasar sehingga tak akan tercapainya target," katanya gedung DPRD Lampung, Rabu (30/6).

Alasan dimaksud seperti kendaraan yang sudah terdata di Bapenda ternyata tidak ada lagi kendaraanya (sudah tak ada bekas barangnya atau bangkai kendaraan) sehingga otomatis pendapatan yang masuk akan berkurang.

"Dikarenakan ada beberapa kendala terutama bahwasanya kendaraan roda dua maupun roda empat ada yang sudah terdata namun ternyata 50 persen itu barang bekasnya sudah tidak ada lagi," terangnya.

Kedua, belum tercapainya target program pemutihan pajak 2021 ini juga tidak terlepas dari pandemi Covid-19 yang berdampak ke perekonomian Lampung (perekonomian Lampung menurun).

"Memang situasi pandemi Covid-19 ini sangat mempengaruhi perekonomian masyarakat di Lampung dan dampaknya terjadi penurunan pendapatan atau pemasukan, jadi gimana mereka mau bayar pajak kalau ekonominya saja susah," ujarnya.

Ketiga, terjadinya rentang kendali karena jauhnya akses masyarakat ke wilayah tempat pembayaran pajak atau gerai Samsat.

"Bayar pajak itukan jauh iya, kadang biayanya lebih besar daripada bayar pajaknya jadi wajib pajak malas untuk pergi. Maka dari itu, kedepannya DPRD Lampung minta bapenda untuk menambah armada kendaraan pembayaran pajak keliling di kabupaten/kota supaya masyarakat lebih mudah melakukan pemutihan pajak kendaraan bermotor," kata Noverisman.

Sementara, Kepala Bapenda Provinsi Lampung Adi Erlansyah mengatakan, kalau bicara masalah pencapaian target kita belum mengetahui akan tembus atau tidak.

"Kita kalau berbicara masalah target, belum tahu akan tembus atau tidak. Tapi kita akan berusaha semaksimal mungkin, mungkin kita akan melakukan sosialisasi lebih gencar lagi kepada masyarakat terkait pemutihan," kata dia. (ded/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: