Resmi Reshuffle Kabinet, Ini Nama Menteri yang Diganti Presiden Jokowi

Resmi Reshuffle Kabinet, Ini Nama Menteri yang Diganti Presiden Jokowi

--

Medialampung.co.id - Presiden Joko Widodo atau (Jokowi) resmi mengganti sejumlah menteri di kabinet Indonesia Maju. 

 

Perombakan kabinet Presiden Jokowi itu digelar di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (15/6).

 

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, resmi menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi.

 

Nama kedua Menteri yang baru diganti yakni, Mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Hadi Tjahjanto menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang sebelumnya dijabat Sofyan Djalil.

 

Selain menteri, Jokowi juga melantik 3 wakil menteri yang masuk Kabinet Indonesia Maju, berikut namanya:

 

1. Wempi Wetipo, Wakil Menteri Dalam Negeri;

 

2. Afriansyah Noor, Wakil Menteri Ketenagakerjaan;

 

3. Raja Juli Antoni, Wakil Menteri ATR/BPN.

 

Sebelumnya Jokowi juga pernah melakukan perombakan Kabinet Indonesia pada Desember 2020.

 

Yakni Menteri Kelautan dan Perikanan nonaktif Edhy Prabowo yang digantikan oleh Sakti Wahyu Trenggono. Kemudian Menteri Sosial nonaktif Juliari Peter Batubara digantikan oleh Tri Rismaharini.

 

Selain itu, ada nama Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Sandiaga Salahudin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta M Luthfi sebagai Menteri Perdagangan.

 

Lebih lanjut, Jokowi kembali melakukan perombakan kabinet April 2021. Jokowi melantik dua menteri yang menempati kursi kementerian baru, yakni Kementerian Investasi, serta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

 

Mereka yakni Bahlil Lahadalia yang ditunjuk sebagai Menteri Investasi, serta Nadiem Makarim yang dipercaya dalam reshuffle kabinet menjadi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek).

 

Presiden Joko Widodo resmi melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/BPN menggantikan Sofjan Jalil yang sebelumnya menjabat.

 

Tak butuh waktu lama Jokowi memberi perintah kerja ke Hadi Tjahjanto usai resmi didapuk sebagai Menteri ATR/BPN.

 

Jokowi meminta, Hadi Tjahjanto membereskan persoalan sengketa tanah yang marak terjadi di daerah dan belum juga terselesaikan.

 

"Oleh sebab itu, tadi malam saya sampaikan, pengurusan yang berkaitan dengan sengketa tanah, sengketa lahan harus sebanyak-banyaknya segera diselesaikan," kata Jokowi usai pelantikan di Istana Negara, Rabu 15 Juni 2022.

 

Selain sengketa tanah, Jokowi juga menekankan ke Hadi terkait kepengurusan sertifikat tanah yang tak kunjung terselesaikan hingga saat ini. 

 

"Yang kedua pengurusan sertifikat. Harus sebanyak-banyaknya juga harus diselesaikan. Saya meyakini Pak Hadi mempunyai kemampuan itu," sambung Jokowi.

 

Sekali tiga uang, di dalam persoalan sertifikat, lanjut Jokowi, termasuk pula di dalamnya pengurusan lahan dan tanah yang berkaitan dengan IKN.

 

 

"Pak Hadi Tjahjanto dulu beliau sebagai mantan Panglima, menguasai teritori dan kita juga tahu, beliau ke lapangan juga kerjanya cukup detail," pungkasnya.(*)

 

Artikel ini sudah lebih dulu tayang di radarlampung.disway.id dengan judul : Ini Nama Menteri Terbaru Hasil Reshuffle, Berikut Pesan Presiden Jokowi

Sumber: