Pupuk Rasa Nasionalisme Generasi Muda, Dadang Sumpena Sosialisasikan Ideologi Pancasila-Wasbang

Pupuk Rasa Nasionalisme Generasi Muda, Dadang Sumpena Sosialisasikan Ideologi Pancasila-Wasbang

Medialampung.co.id - Dalam rangka memupuk rasa nasionalisme dan kecintaan terhadap tanah air utamanya bagi para generasi muda, Anggota DPRD Provinsi Lampung Dadang Sumpena, S.Sos, M.M, menggelar sosialisasi ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan di SMK N 1 Batuketulis, Kamis (2/3). 

Kegiatan tersebut dihadiri Camat Batuketulis Sri Handayani, S.H, dewan guru, sejumlah peratin serta puluhan pelajar SMK setempat.

Anggota DPRD Provinsi Lampung Dadang Sumpena, S.Sos, M.M, mengatakan bahwa upaya penguatan wawasan kebangsaan khususnya bagi generasi muda ini sangat penting. Pasalnya, generasi muda itu calon pemimpin di masa yang akan datang.

"Sehingga mulai sekarang ini harus benar-benar dipersiapkan dengan baik agar tertanam semangat cinta tanah air, nasionalisme, patriotisme dan kebangsaan yang kuat untuk generasi kita," ujar Politisi partai PDIP tersebut.

Ia mengatakan, mengingat pentingnya pemahaman Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan bagi masyarakat sebagai warga negara, maka pihaknya ambil peran guna memberikan sosialisasi untuk mengedukasi konstituennya.

“Sosialisasi ini sangat diperlukan sebagai modal pengetahuan masyarakat dalam menjaga diri dari pengaruh paham-paham yang bertentangan dengan Ideologi Negara,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan merupakan suatu landasan bagi seluruh warga negara Indonesia dalam menjaga kedaulatan, persatuan dan kesatuan, serta memperkokoh tatanan hidup berbangsa dan bernegara secara utuh dan menyeluruh.

“Begitupun dengan sosialisasi wawasan kebangsaan, setiap warga negara diharapkan dapat terbangun, memiliki jiwa sosial yang tinggi, dan dengan itu kita menjadi kesatuan yang tidak terpisahkan untuk membangun NKRI ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Batuketulis Sri Handayani, S.H, menyambut hangat kegiatan yang dilakukan salah satu wakil rakyat di tingkat Provinsi Lampung tersebut. Menurut dia, ini merupakan bentuk hadirnya wakil rakyat untuk mengedukasi masyarakat utamanya bagi para generasi muda.

“Tentu ini merupakan pemahaman yang berharga bagi generasi muda. Karena sejatinya mereka memang perlu dibekali tentang ideologi dan wawasan kebangsaan agar sebagai generasi penerus bangsa mereka dapat berperan serta dalam merawat NKRI,” tambahnya.

Disisi lain, ia juga berharap agar kegiatan ini dapat memotivasi seluruh lapisan masyarakat  agar sebagai warga negara dapat mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Diketahui, usai melaksanakan sosialisasi ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan di SMK N 1 Batuketulis, acara dilanjutkan dengan sosialisasi perda No.3/2020 tentang adaptasi kebiasaan baru dalam pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di Pekon Batukebayan.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: