UIN Lampung Lepas 1000 Wisudawan, Prof. Mukri Minta Alumni Aktif Beri Kontribusi Pembangunan Bangsa

UIN Lampung Lepas 1000 Wisudawan, Prof. Mukri Minta Alumni Aktif Beri Kontribusi Pembangunan Bangsa

Medialampung.co.id - Universitas Islam Negera (UIN) Raden Intan Lampung melepas 1000 wisudawan secara hybrid, yakni perpaduan antara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

Prosesi sidang senat terbuka wisuda hybrid periode lll tahun 2021 tersebut langsung dilakukan Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof Dr. Moh Mukri, di Ballroom Academic and Research Center Building, Kamis (14/10). 

Dari jumlah tersebut, tercatat sebanyak 953 wisudawan dari program sarjana (S1), 37 wisudawan dari program magister (S2) dan 10 wisudawan dari program doktor (S3). Yang semuanya berasal dari 38 prodi yang ada di lingkungan UIN Raden Intan Lampung.

Dalam kesempatan itu, Prof. Mukri, berpesan secara khusus kepada semua wisudawan-wisudawati semua sekarang adalah orang-orang terpelajar, baik sebagai sarjana, magister, atau doktor. Oleh karena itu manfaatkan dan gunakan posisi terhormat tersebut dengan sebaiknya, Sesuai dengan kemampuan dan keahlian di bidang masing-masing

"Kita juga minta para alumni ini nantinya harus ikut aktif memberikan kontribusi dalam pembangunan bangsa sesuai dengan bidang kemampuannya. Alumni haru menumbuhkan kebaikan, memberikan contoh teladan dan aktif membantu penyelesaian berbagai masalah yang terjadi," ujarnya.

Ia juga mengajak untuk bersama-sama membangun kehidupan yang harmoni, damai, toleran, teduh, saling menghormati perbedaan, tidak menebar kebencian, keributan, provokasi menjauhi permusuhan, kata-kata tercela, maupun penghinaan. 

"Mari kita saling membangun rasa saling menghormati antar anak bangsa yang berbeda- beda, antar umat, bahkan antar manusia, sesuai dengan misi Islam yang mengajarkan Akhlak Mulia dan Rahmatan Lil 'Alamin," katanya.

Selain itu Ia juga mengajak dan mengimbau untuk menjaga keberlangsungan bumi kelestarian hidup, menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, indah, mengurangi penggunaan plastik, karbondioksida, limbah beracun dan tidak merusak ekosistem, agar ini tercipta keseimbangan hidup untuk kebaikan semua.

"Inilah yang menjadi visi UIN Raden Intan Lampung sebagai Kampus Hijau atau Green Campus. Karena dalam perjalanan panjang, Kampus yang kita banggakan ini terus mengukir prestasi, mengalami kemajuan pesat, semakin dipercaya, diminati, dan menjadi pilihan favorit masyarakat, bukan hanya di daerah Lampung tapi juga nasional," terangnya.

Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan mencerdaskan anak bangsa tambahnya, para dosen terus melakukan pendidikan, pengkajian dan pengabdian yang berbasis integrasi ilmu agama dan ilmu umum. 

"Dengan langkah-langkah yang penuh kebersamaan tersebut maka UIN Raden Intan Lampung. Alhamdulillah, mampu memberikan manfaat langsung kepada masyarakat, baik ilmu pengetahuan, hasil penelitian, maupun contoh kebersihan dan lingkungan yang hijau dan nyaman," pungkasnya. (ded/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: