PPBI Lambar Andil Bagian di Pameran dan Kontes Bonsai TubaBa

PPBI Lambar Andil Bagian di Pameran dan Kontes Bonsai TubaBa

Medialampung.co.id - Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kabupaten Lampung Barat, mengirimkan 26 pohon bonsai, dalam rangka turut serta memeriahkan Pameran dan Kontes Lokal yang diselenggarakan PPBI Tulang Bawang Barat (TubaBa) yang dipusatkan di halaman Islamic Centre, Jumat-Minggu (4-6/12). 

Ketua PPBI Lambar Widyatmoko Kurniawan mengungkapkan, para seniman bonsai yang tergabung dalam PPBI Lambar selalu aktif dalam setiap event, baik kontes maupun pameran. Hal ini sangat penting dalam rangka peningkatan kreatifitas dari para seniman, dimana pada setiap event yang diikuti, para seniman bonsai bisa bertukar pikiran dengan para seniman bonsai dari luar daerah. 

"Bonsai merupakan seni pemangkasan pohon atau tanaman agar tumbuh kerdil melalui proses training (penyempurnaan bentuk pohon), karena itu setiap seniman bonsai memiliki cara dan trik yang berbeda, karena itu melalui event-event seperti ini, para seniman bonsai Lambar bisa menimba ilmu, " ungkap dokter spesialis bedah, yang juga Direktur RSUD Alimuddin Umar tersebut. 

Untuk pohon yang diikutsertakan dalam event tersebut, jelas dia, yakni ikut dalam kelas prospek dan klas jadi. Sementara untuk jenisnya cukup banyak, mulai dari anting putri, anggur brazil, sisiran dan lainnya. 

"26 pohon yang kita bawa itu merupakan milik kolektor Lambar, dan tidak semua bonsai jadi, melainkan ada sejumlah pohon yang masuk klas prospek, dan  juga hasil budidaya dari para kolektor di Lambar, " ujarnya. 

Menurutnya, tidak ada target khusus kemenangan dalam keikutsertaan di pameran dan kontest yang diselenggarakan PPBI TubaBa tersebut, hanya saja menurutnya dalam setiap event yang diikuti PPBI Lambar selalu membawa pulang penghargaan. 

"Keikutsertaan ini juga sebagai upaya untuk memotivasi para seniman bonsai Lambar yang saat ini keanggotaanya tidak kurang dari 150 orang agar terus meningkatkan karya-karyanya," imbuhnya.

Sementara itu, Asisten III Administrasi Umum Setdakab Lambar Ir. Nata Djudin Amran, mengapresiasi terselenggaranya pameran dan kontes bonsai yang diselenggarakan PPBI TubaBa, serta keikutsertaan PPBI Lambar dalam event tersebut. 

"Saya sangat mendukung dan mengapresiasi adanya pameran dan kontes seperti ini yang akan menjadi motivasi bagi para seniman bonsai untuk bisa terus berkreasi. Apalagi di Lambar jumlah anggota PPBI semakin hari semakin bertambah, sehingga momen seperti ini penting untuk diikuti, sehingga para seniman bonsai yang ada bisa menambah ilmu," kata Nata yang juga menjadi bagian dari seniman bonsai Lambar tersebut. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: