Orkes Gambus HRK Canggu Tampil di Halal Bil Hahal Pemkab Lambar

Orkes Gambus HRK Canggu Tampil di Halal Bil Hahal Pemkab Lambar

Medialampung.co.id, BALIKBUKIT - Orkes Gambus Lampung Himpunan Remaja Karya (HRK) Pekon Canggu Kecamatan Batubrak Lampung Barat, tampil bersama dua sanggar seni musik dan tari lainnya pada Halal Bil Halal Pemkab Lambar, di loby Kantor Bupati Senin (10/6).

Petikan gambus, dipadu alunan lagu-lagu Lampung mampu menghibur, Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus, Wakil Bupati Mad Hasnurin dan para aparatur sipil negara (ASN) yang hadir pada acara tersebut.

Kabid Kebudayaan Riyadi Andriyanto mendampingi Kepala Disdikbud Lambar Bulki Basri mengatakan, pihaknya sengaja mengundang sanggar seni orkes Lampung untuk tampil pada Halal Bil Halal tersebut, sebagai salah sayu upaya dalam upaya pelestarian budaya.

"Orkes Lampung merupakan seni musik khas daerah yang harus dilestarikan, karena itu pemkab mengundang mereka untuk datang dan tampil sembari menghibur," ungkap Riyadi.

Dilain pihak, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lambar Akmal Abdul Nasir mengatakan, seni musik orkes gambus yang merupakan kesenian khas daerah yang telah turun temurun, dan menjadi tanggungjawab semua pihak untuk pelestariannya.

"Karena itu pada saat ada kegiatan-kegiatan seremonial seperti ini, pemerintah daerah akan menampilkan orkes Lampung, termasuk tari-tarian, dan juga kesenian lainnya seperti gamelan dan lainnya," ujarnya.

Pelestarian kesenian daerah, kata Akmal, penting dalam rangka meredam kenakalan remaja ditengah moderenisasi, sehingga para remaja bisa melakukan hal-hal yang positif dan tidak terjerumus pada kenakalan remaja.

"Orkes Lampung itu merupakan budaya yang tetap dilestarikan di seluruh kecamatan, yang tentunya diharapkan bisa diikuti oleh para remaja, sehingga terhindar dari hal-hal yang bisa menjerumuskan ke arah yang negatif," imbuhnya. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: