Tingkatkan SDM Pokdarwis, Disporapar Lambar akan Lakukan Pembinaan

Tingkatkan SDM Pokdarwis, Disporapar Lambar akan Lakukan Pembinaan

Medialampung.co.id – Dalam rangka meningkatkan sumberdaya manusia (SDM) dikalangan penggiat wisata. Pemkab Lambar melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Lambar tahun ini akan melakukan pembinaan terhadap kelompok sadar wisata (Pokdarwis). 

Kabid Pengembangan Destinasi dan Kelembagaan Pariwisata Andilya Pratama, S.E., mendampingi Kepala Disporapar Drs. Nukman, M.M., mengungkapkan, jumlah Pokdarwis di Kabupaten Lambar sebanyak 37 Pokdarwis, dan dari jumlah tersebut tahun ini pihaknya akan melaksanakan pembinaan terhadap 10 Pokdarwis.

“Tahun ini kita akan melaksanakan pembinaan kepada 10 Pokdarwis,” ungkap Andilya Pratama, Selasa (8/3).

Pembinaan yang dilakukan, kata dia, dengan turun langsung kelapangan dengan melakukan pertemuan dengan Pokdarwis dan aparat pekon serta organisasi kepariwisataan yang tujuannya membahas pengembangan destinasi wisata serta kebutuhan Pokdarwis dalam skala prioritas.

Dikatakannya, secara umum fungsi Pokdarwis dalam kegiatan kepariwisataan adalah sebagai penggerak Sadar Wisata dan Sapta Pesona di lingkungan wilayah di destinasi wisata, serta sebagai mitra pemerintah dalam upaya perwujudan dan pengembangan sadar wisata di daerah. 

Menurut dia, Pokdarwis memiliki peran penting dalam memajukan sektor pariwisata. Diharapkan masyarakat dapat menciptakan gerakan sadar wisata dan sapta pesona, yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Tujuan pembinaan antara lain selain untuk meningkatkan kapasitas SDM, juga untuk meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Lambar,” tutupnya. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: