Tingkatkan Mutu dan Kualitas Kopi, Disbunnak Siapkan Bantuan 150 Terpal

Tingkatkan Mutu dan Kualitas Kopi, Disbunnak Siapkan Bantuan 150 Terpal

Medialampung.co.id - Dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas kopi. Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) tahun ini melalui kegiatan pasca panen akan mengalokasikan bantuan alat jemur terpal untuk petani kopi sebanyak 150 lembar.

“Bantuan terpal tahun ini jumlahnya berkurang dibanding tahun lalu yang mencapai 250 lembar, hal itu dikarenakan keterbatasan anggaran,” kata Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Lambar Yudha Setiawan, S.I.P, Selasa (25/1).

Menurut dia, pemberian bantuan terpal kepada petani dan kelompok tani (Poktan) oleh pemerintah daerah sudah berlangsung sejak beberapa tahun yang lalu. 

“Bantuan terpal ini bersumber dari APBD Lambar. Dari 150 terpal tersebut, 100 terpal akan dibagikan kepada lima Poktan dan dan 50 kepada petani,” tegasnya. 

Masih kata dia, Bupati Lambar telah mengeluarkan surat edaran (SE) tentang larangan menjemur kopi diatas tanah tanpa alas serta di jalan raya sebagai upaya untuk meningkatkan mutu dan kualitas biji kopi milik petani di Kabupaten Lambar, karena mayoritas penduduk Lambar adalah petani kopi. 

“Kita (Pemkab) sudah melarang agar petani tidak menjemur kopi di atas tanah, tapi kita juga berupaya agar mutu dan kualitas kopi milik petani bagus sehingga salah satu solusinya kita memberikan bantuan terpal kepara para petani. Artinya, bantuan alat jemur terpal ini juga merupakan salah satu langkah kita untuk meningkatkan mutu dan kualitas kopi,” tegas Yudha. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: