Nakes, TNI-Polri dan Peratin Layani Vaksinasi Para Lansia Secara Door To Door

Nakes, TNI-Polri dan Peratin Layani Vaksinasi Para Lansia Secara Door To Door

Medialampung.co.id - Berbagai upaya terus dilakukan oleh Tenaga Kesehatan (nakes), unsur TNI- Polri dan pemerintah pekon dalam memberikan pelayanan vaksin Covid-19 kepada masyarakat. 

Selain membuka pelayanan di puskesmas maupun terpusat di pekon, tim yang tergabung dalam Satgas Covid-19 itu juga menerapkan inovasi jemput bola dengan mendatangi rumah-rumah warga. Seperti yang dilakukan di Pekon Turgak, Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat, Selasa (28/12).

Kepala UPT Puskesmas Kenali Romaita, S.St, mengatakan, pihaknya bersama unsur babinsa dan bhabinkamtibmas serta peratin melakukan upaya jemput bola untuk menjangkau masyarakat terutama kaum lansia agar mendapat vaksin Covid-19.

“Pelayanan yang kami gelar secara door to door ini untuk memberikan pelayanan bagi warga yang tidak memungkinkan untuk datang ke puskesmas seperti penyandang disabilitas atau para kaum lansia. Tujuannya untuk mempermudah mereka guna mendapat layanan vaksinasi gratis,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pelayanan menjadi inovasi percepatan vaksinasi di Kecamatan Belalau untuk mengejar target sasaran yakni dari total sebanyak 9.002 jiwa, sejauh ini telah tercapai sekitar 80%. 

“Khususnya untuk masyarakat lansia untuk capaian sudah di angka 71%, dan masih terus memaksimalkan pelayanan salah satunya dengan menyambangi rumah-rumah warga seperti pelayanan hari ini,” terangnya.

Dalam pelayanan ini, lanjutnya, pihaknya bekerjasama dan melibatkan TNI, Polri beserta Peratin dan perangkat pekon. Pelayanan Vaksinasi akan terus dimaksimalkan agar target yang diharapkan dapat tercapai sebelum akhir tahun 2021 mendatang.

“seluruh lapisan masyarakat kami harapkan agar dapat terus berperan aktif mengajak sesama untuk memanfaatkan vaksinasi Covid-19 sesuai instruksi pemerintah agar tercapainya target herd immunity,” imbuhnya

Sementara itu, Peratin Turgak Ichwan memberikan dukungan penuh terhadap pelayanan vaksinasi tersebut. Menurutnya upaya jemput bola yang dilakukan sangat efektif untuk membantu masyarakat mendapat pelayanan vaksin.

“Kegiatan sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama bagi para penyandang disabilitas maupun warga lansia yang tidak memungkinkan untuk datang ke puskesmas. Sehingga, dengan upaya kita lakukan bersama mulai dari disiplin prokes dan mengikuti vaksinasi semoga wabah ini dapat segera berakhir,” tutupnya.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: