Musrenbang Tingkat Kecamatan Sumberjaya Berlangsung Seru dan Penuh Kejutan

Musrenbang Tingkat Kecamatan Sumberjaya Berlangsung Seru dan Penuh Kejutan

Medialampung.co.id - Bupati Lampung Barat (Lambar) H Parosil Mabsus memimpin Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Sumberjaya Tahun 2022 Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023.

Bertempat di Pemangku Sepuluh Talangogan, Pekon Waypetai, pada Kamis (3/2) menjadi tahapan musrenbang kecamatan perdana yang akan dilaksanakan 15 Kecamatan di Kabupaten Lambar.

Dalam musrenbang tersebut hadir Anggota DPRD Lampung Barat, Erwan, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Lampung Barat Partinia Parosil Mabsus, Asisten, Staf Ahli, Seluruh Kepala Perangkat Daerah Lampung Barat, Camat Sumberjaya, Kapolsek Sumberjaya, Danramil Sumberjaya, Kepala UPT Puskesmas Sumberjaya, Kepala Kantor Urusan Agama Sumberjaya, para peratin dan lurah, Tokoh adat dan Tokoh Masyarakat serta dihadiri Forum Anak.

Kehadiran Bupati Parosil di lokasi disambut dengan meriah arak-arakan dan ditandu menaiki Singa Depok grup Singa Samudra dari Pekon Sukajaya, Pencak Silat Perguruan Lancang Lodya Putra Siliwangi, Pekon Simpangsari. menuju panggung acara.

Setelah sampai di panggung acara, Bupati dan rombongan kembali disambut dengan Tari Sembah Batin oleh Sanggar Gaori lalu tari piring dari Pekon Waypetai, dan ditampilkan juga Budaya Nyambai Pekon Sindangpagar.

Kemeriahan juga tersaji karena adanya pameran produk unggulan UP2K, KWT, Gapoktan dan UMKM. Serta Gerai Vaksin dan Klinik Pelayanan Kesehatan Hewan.

Pada musrenbang tersebut, secara simbolis Bupati melakukan penyerahan dana untuk Kecamatan Sumberjaya, diantaranya Penyerahan Dana Desa (DD) untuk lima Pekon yang ada di kecamatan itu diantaranya Pekon Sukapura, Waypetai, Sukajaya, Sindangpagar dan Simpangsari.

Selain itu dilakukan juga penyerahan biaya penyelenggaraan Pendidikan Merata (PM) dan sarana prasarana pendidikan, Penyerahan bantuan bibit tanaman buah, diantaranya buah durian, alpukat, jambu jamaika dan kelengkeng. Penyerahan bantuan alat perkebunan, Penyerahan bantuan bibit benih ikan, Penyerahan sertifikat hak atas tanah untuk Pekon Tugusari dan Pekon Waypetai

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan Kamis ini merupakan awal pelaksanaan Musrenbang Kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Barat, diawali dari Kecamatan Sumberjaya.

Disebutkannya biasanya Musrenbang dilakukan di Ibukota Kecamatan, akan tetapi Musrenbang kali ini dilakukan bergilir dari satu pekon ke pekon lain, dan sekarang di Pekon Waypetai.

Penyelenggaraan Musrenbang secara bergilir ini tujuannya paling utama adalah silaturahmi, kedua menginginkan dengan adanya DPRD dan Kepala Dinas yang hadir, apa yang menjadi persoalan di Kecamatan dapat terselesaikan.

Musrenbang sebuah tahapan pembangunan yang diamanatkan perundang-undangan. Diawali Musrenbang tingkat Dusun, Pekon, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan terakhir tingkat Nasional. Mekanismenya harus dilalui, namanya kita menjaring aspirasi.

"Ini merupakan momentum penting, karena di sinilah kita dapat duduk bersama untuk membahas, merencanakan suatu program kegiatan yang menjadi kebutuhan masyarakat, dalam rangka meningkatkan kemajuan daerah, menuju Lampung Barat Hebat dan Sejahtera," tegasnya.

Dijelaskan Parosil, 2022 merupakan tahun kelima dia dan wakil bupati Mad Hasnurin menjalankan roda pembangunan dan pemerintahan di Lampung Barat, untuk Parosil dan Mad Hasnurin meminta, kepada camat, para peratin dan perangkat pekon, LHP, serta kepada masyarakat untuk.

Memprioritaskan usulan kegiatan yang memiliki manfaat bagi pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, peningkatan produksi dan produktivitas, serta memperlancar keterjangkauan pusat-pusat pelayanan ekonomi dan sosial antara pekon dengan ibukota kecamatan.

Kemudian kecamatan yang masih memiliki pekon dengan status pekon tertinggal atau kurang berkembang, untuk memprioritaskan usulan kegiatan pada aspek yang menjadi penyebab ketertinggalannya.

Terusnya, Alokasi Dana Pekon dari tahun ke tahun terus meningkat optimalkan peruntukan dana tersebut guna mendukung kemajuan pekon serta kelurahan.

Mensukseskan pelaksanaan kegiatan pembangunan yang ada di wilayahnya baik yang bersumber pada dana pekon maupun apbd kabupaten, agar dapat diselesaikan tepat waktu, berkualitas, tepat sasaran dan bermanfaat.

Dan tak kalah pentingnya terus berinovasi dalam memajukan pekon dan kecamatan, dengan mengoptimalkan potensi sumberdaya lokal, guna peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan potensi daerah masing-masing.

Usai melakukan sambutan, Bupati Parosil memimpin secara langsung berjalannya Musrenbang.

Dimana masing-masing peratin dan lurah menyampaikan aspirasi terkait pembangunan di pekonnya.

Diantara rencana pembangunan yang disampaikan para peratin tersebut didominasi dengan pembangunan infrastruktur, dalam hal ini adalah pembangunan ruas jalan dan listrik.

Setelah Musrenbang selesai, Bupati dan rombongan melanjutkan meninjau pameran produk unggulan UP2K, KWT, Gapoktan, UMKM, Gerai Vaksin dan Klinik Pelayanan Kesehatan Hewan.

Dalam sambutan Tokoh Masyarakat Abdul Qadir, mewakili masyarakat Pekon Waypetai, mengucapkan selamat datang kepada bupati dan ibu, serta para rombongan dalam rangka menghadiri Musrenbang Kecamatan.

"Kami disini mengucapkan terimakasih kepada Pak Bupati, karena apa yang telah diprogramkan di dalam Pitu program unggulan sudah kami rasakan manfaatnya. Seperti infrastruktur, pelayanan kesehatan, semua bisa sekolah, ini benar-benar sudah kami rasakan," ungkapnya.

Terlebih dengan adanya sekolah gratis, Bupati memberikan seragam gratis, ini benar dirasakan rasakan manfaatnya sebagai masyarakat.

Kemudian dengan adanya program PTSL atau pembuatan sertifikat tanah, Alhamdulilah masyarakat sudah 90 persen sudah memiliki sertifikat.

'Sebagai rakyat kami benar-benar merasakan dari tujuh program yang pak bupati laksanakan," imbuhnya

Pada kesempatan itu Abdul Qodir memberikan puisi (pantun) "Kopi robusta buahnya lebat, produk unggulan Provinsi Lampung. Bapak bupati punya program yang hebat, 2024 siap mendukung"

"Pohon duku dari Palembang, buahnya lebat boleh dipetik. Jangan ragu jangan bimbang, tahun 2024 tetap Pakcik. Merdeka. (r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: