Ditjenbun Kementan RI Laksanakan Bimtek Teknik Budidaya dan Pasca Panen

Ditjenbun Kementan RI Laksanakan Bimtek Teknik Budidaya dan Pasca Panen

Medialampung.co.id - Direktorat Tanaman Tahunan dan Penyegar Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun) Kementan RI bekerjasama dengan Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lambar.

Jumat (1/10), menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek), budidaya dan pasca panen kopi bertempat di Hotel Sumber Asih, Kelurahan Sekincau, Kecamatan Sekincau.

Acara dihadiri Kepala Disbunnak Lambar Ir. Nata Djudin Amran, Camat Sekincau Sri Handayani, S.H., bersama Dirtanhungar dengan peserta 75 orang petani, Sebelas penyuluh, dan 14 tim teknis perkebunan. 

Kabid Perkebunan Sumarlin, S.P., M.P., Ir. Nata Djudin Amran, mengatakan dalam bimtek tersebut selaku narasumber berasal dari Tutor Sekolah Kopi, Polinela dan pelaku usaha Ahlinya Kopi Lampung. 

"Bimtek diselenggarakan guna meningkatkan kapasitas petani kopi, peremajaan kopi 2021 Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Ditjenbun Kementan RI," terangnya. 

Sementara Camat Sri Handayani, S.H., berharap Bimtek budidaya dan pasca panen kopi benar-benar memberikan pengaruh besar dalam perkembangan perkebunan kopi robusta Kabupaten Lambar sebagai penghasil kopi terbesar kedua di Indonesia. 

Selain daripada itu dalam pemasaran kopi, petani akan semakin mampu mengembangkan olahan, bukan hanya dijual dalam bentuk biji kopi kering melainkan dengan beragam pengembangan sebagaimana yang sudah berjalan baik secara perorangan maupun melalui kelompok yang terkemas dalam UMKM atau lebih familiar dengan sebutan ekonomi kreatif. (r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: