Dinkes Lambar Gelar Rakor Percepatan Vaksinasi Covid-19

Dinkes Lambar Gelar Rakor Percepatan Vaksinasi Covid-19

Medialampung.co.id - Pemkab Lampung Barat melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar rapat koordinasi dan evaluasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di kabupaten setempat, yang dipimpin langsung oleh Plt. Sekda Drs. Adi Utama, dipusatkan di Aula Kagungan Sekretariat Pemkab Lambar, Kamis (20/1). 

Rapat yang juga dihadiri oleh seluruh kepala puskesmas dan camat se-kabupaten setempat, membahas beberapa terkait dengan upaya percepatan pencapaian vaksinasi di bumi beguai jejama tersebut, yang saat ini sudah menyasar kepada anak usia 6-11 tahun. 

Kepala Dinkes Lambar dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B., mengungkapkan, seluruh puskesmas harus terus memaksimalkan kinerja dari petugasnya untuk percepatan vaksinasi, mulai dengan tetap membuka gerai-gerai vaksin, pelayanan di puskesmas hingga melakukan upaya jemput bola dengan door to door. 

"Jadi upaya percepatan pencapaian vaksinasi Covid-19 di Lambar akan terus dilakukan, petugas ke-37 kami berjumlah 1.205 orang yang telah terlatih akan terus memberikan pelayanan, baik dengan membuka gerai, hingga door to door, " ungkapnya. 

Dikatakannya, untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Lampung Barat sasaran seluruhnya berjumlah 254.077 orang yang telah dilaksanakan sejak 1 Februari 2021, diawali dengan Petugas Kesehatan, Pelayanan Publik, Masyarakat Umum, Remaja dan Lansia. Cakupan vaksinasi hingga tanggal 16 Januari 2022 adalah Jumlah divaksin Covid-19 dosis 1 sebanyak 175.571 orang (79,65%) kemudian jumlah divaksin Covid-19 dosis II sebanyak 121.785 orang (55,25%). 

"Berkaitan dengan masih banyaknya jumlah warga yang belum mendapatkan vaksin dosis II ini, maka perlu peran semua pihak mulai dari puskesmas, camat dan jajaran untuk terus mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mau datang ke gerai-gerai vaksin untuk menerima vaksin II. Kemudian perlunya menanamkan kesadaran kepada masyarakat yang belum mendapatkan vaksin I," ujarnya. 

Sementara itu, terkait dengan vaksinasi anak 6-11 tahun per-hari Rabu (19/1) telah mencapai 25 persen dari total target 33.360 anak. Dengan menyiapkan dua tim perhari, ia berkeyakinan hingga enam hari kedepan target bisa tercapai 100 persen. 

"Dari hari pertama alhamdulillah tidak ada kendala, memang ada beberapa yang tertunda karena sedang sakit, tetapi bisa mendapatkan vaksin dengan mendatangi puskesmas, kalau kendala lain seperti izin orang tua dan lainnya sampai sekarang tidak ada," imbuhnya. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: