Dewi Handajani Daftarkan Diri Jadi Calon Ketua Umum KONI Tanggamus

Dewi Handajani Daftarkan Diri Jadi Calon Ketua Umum KONI Tanggamus

Medialampung.co.id - Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani mendaftarkan diri sebagai bakal calon Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tanggamus Periode 2022-2026.

Hal itu diketahui saat Liaison Officer (LO) Dewi Handajani, Riens Devila Abdul Kadir, mendaftar ke Sekretariat Tim Penjaringan bakal calon Ketua Umum KONI Tanggamus di Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Tanggamus, di Pekon Terbaya, Kecamatan Kotaagung, Kamis (3/2) siang.

Riens Abdul Kadir mengatakan, bahwa kedatangan dirinya ke Sekretariat Penjaringan Ketua KONI Tanggamus adalah mewakili Hj. Dewi Handajani untuk mendaftar sebagai bakal calon Ketua Umum KONI Tanggamus. 

"Alasan mendasar ikut sertanya Bunda Dewi dalam pendaftaran bakal calon Ketua KONI Tanggamus ialah dukungan dari cabang olahraga (Cabor) yang memintanya agar supaya mencalonkan diri sebagai ketua KONI Tanggamus Periode 2022-2026 mendatang," terang Rien. 

Lanjut Rien, kalaupun nantinya Hj. Dewi Handajani terpilih, maka akan melakukan sinergi dengan seluruh cabang olahraga dan program program yang ada di setiap cabang olahraga.

"Nantinya apapun program, masukan dan juga saran akan ditampung oleh Bunda Dewi jika terpilih sebagai ketua KONI. Intinya apapun itu selama membawa arah yang lebih baik untuk kemajuan olahraga di Kabupaten Tanggamus beliau akan mendukung," ujarnya. 

Sementara itu, Sekretaris Panitia Tim Penjaringan Ketua KONI Kabupaten Tanggamus, Iyen Mulyani, menerangkan bahwa berkas formulir atas nama Hj. Dewi Handajani dinyatakan lengkap, dan selanjutnya diberikan tanda terima dan layak untuk mengikuti pemilihan pada Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) KONI Tanggamus pada tanggal 8 Februari mendatang. 

"Kita juga masih membuka pendaftaran, apabila ada bakal calon yang akan mendaftarkan diri ke sekretariat penjaringan sampai dengan tanggal 5 hari Sabtu pukul 15.00 WIB, dan sampai saat ini baru satu orang atas nama Ibu Dewi Handajani," terangnya. 

Lanjut Iyen, tahapan pemilihan Ketua Umum KONI Tanggamus telah dilakukan, yang dimulai pada tanggal 29 Januari lalu dengan mengumumkan pendaftaran bakal calon Ketua KONI Tanggamus. 

"Saat ini kita buka pendaftaran, lalu seleksi berkas, dan pada tanggal 8 nanti akan diadakan musyawarah olahraga kabupaten, yang insyaallah akan dilaksanakan di Ruang Rapat Utama, Sekretariat Pemkab Tanggamus," jelasnya. 

Terpisah, Ristika Trianita, Sekretaris Caretaker sekaligus Ketua Pelaksana Musorkab mewakili Ketua Caretaker KONI Tanggamus Ferry Frisal Parinussa, menjelaskan pelaksanaan Musorkab tersebut dilakukan karena kepengurusan KONI Periode 2017-2021 telah habis masa jabatan per tanggal 20 Juni 2021 lalu, dan telah diperpanjang selama enam bulan sampai dengan 20 Desember 2021.

"Salah satu tujuan memperpanjang SK itu, ialah untuk pelaksanaan Musorkab, karena wajib jika kepengurusan sudah habis, sehingga harus diganti atau reshuffle. Nah hingga tanggal 20 Desember itu belum terselenggara, maka berdasarkan AD/ART KONI maka menjadi wewenang KONI Provinsi dan tidak bisa diperpanjang lagi," jelasnya. 

Ristika melanjutkan, atas dasar itu serta koordinasi dengan Pemkab Tanggamus dan juga KONI Provinsi Lampung, maka diputuskan untuk menunjuk caretaker, berjumlah lima orang terdiri dari tiga KONI Provinsi Lampung dan dua diantaranya dari unsur pemerintah daerah.

"Caretaker ini dibentuk selama tiga bulan, dari Desember hingga Maret 2022, jadi selama tiga bulan itu, Musorkab hingga proses rangkaian pelantikan itu harus sudah selesai, sehingga Februari ini harus terselenggaranya Musorkab sampai nanti dengan pelantikan dikawal oleh Caretaker. Caretaker ini ditunjuk oleh KONI Provinsi untuk menangani sementara olahraga dan KONI di Tanggamus, tugas utamanya ya itu membantu atau memfasilitasi penyelenggaraan Musorkab dan pelantikan," tandasnya. (ehl/rls/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: