Dewan Desak Pemkab Bentuk Pekon Tanggap Covid-19

Dewan Desak Pemkab Bentuk Pekon Tanggap Covid-19

Medialampung.co.i - Anggota DPRD Lampung Barat asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nopiyadi, S. I. P mendesak  Pemerintah Lampung Barat, untuk segera membentuk desa (pekon) tanggap virus corona (Covid-19) agar maksimal mencegah paparan virus mematikan di masyarakat.

Hal ini juga sesuai dengan implementasi Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2020 yang diterbitkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Dan Transmigrasi Republik Indonesia yang menginstruksikan agar setiap desa atau pekon membentuk desa tanggap COVID-19 dan penegasan padat karya tunai desa.

“Upaya pencegahan penyebaran wabah corona ini harus melibatkan semua komponen masyarakat terutama masyarakat di tingkat pekon dan kelurahan di Lampung Barat. Saya berharap Pemerintah Lampung Barat  segera menyikapi persoalan ini,” kata Nopiyadi yang juga menjabat Sekretaris DPC PKS Kabupaten Lampung Barat, Minggu (29/3)

Agar persoalan ini segera direalisasikan, ia juga meminta Pemerintah Lampung Barat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) untuk segera memfasilitasi pembentukan desa tanggap COVID-19 di seluruh Lampung Barat.

Sehingga nantinya masyarakat akan terlibat secara langsung dalam upaya pencegahan wabah ini. 

Pembentukan desa tanggap COVID-19 tersebut, kata Nopiyadi Ketua Fraksi PKS Bersatu ini, sebagai upaya untuk pencegahan dan penanganan terhadap wabah virus corona yang perlahan-lahan mulai merambah Lampung Barat yang dikhawatirkan hingga ke desa atau pekon.

"Jika kita perhatikan dalam surat edaran Kementerian Desa Republik Indonesia, desa atau pekon yang harus dilakukan adalah membentuk relawan desa untuk COVID-19,” katanya menambahkan.

Kedua, kata dia, melakukan pencegahan setelah mengenali gejalanya, yang ketiga menangani ketika ditemukan kasus di pekon, serta yang keempat mengantisipasi secara terus menerus dengan berkoordinasi dengan pemerintah daerah.

"Jika ikhtiar sudah maksimal,  semua potensi masyarakat sudah bergerak dan bergotong royong , Insya Allah musibah virus Corona ini akan jauh dari bumi beguai jejama,” pungkas dia. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: