Bidang Ketahanan Pangan, Pekon Trimulyo Kembangkan Wisata Agro Kampung Anggur

Bidang Ketahanan Pangan, Pekon Trimulyo Kembangkan Wisata Agro Kampung Anggur

Medialampung.co.id - Dalam pemanfaatan 20% Dana Desa 2022 yang diperuntukkan dalam bidang pangan hewani dan nabati, Pekon Trimulyo Kecamatan Gedungsurian Kabupaten Lampung Barat (Lambar) akan menyalurkan bantuan pembudidayaan buah anggur yang memanfaatkan lahan pekarangan warga.  

Peratin Buchori, S.P., mengatakan, budidaya buah anggur di halaman rumah tersebut bukan saja upaya dalam ketahanan pangan, namun juga akan menciptakan Wisata Agro Kampung Anggur. 

"Karena keterbatasan anggaran dalam pemanfaatan dana ketahanan pangan dengan pengembangan tanaman anggur, maka upaya yang akan kita lakukan pemanfaatan lahan pekarangan, yang terkonsentrasi di satu pemangku," ungkap Buchori yang dikenal dengan sebutan inovatif.

Buchori menyebutkan, lokasi Wisata Agro Kampung Anggur tersebut akan dipusatkan di Pemangku Airdingin IV. 

"Karena ini konsepnya wisata agro tentu dalam pelaksanaannya kita akan menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) sistem penanaman, mulai dari kualitas bibit, pola tanam, pemupukan hingga lainnya," jelas dia.

Tak hanya sampai disitu, Buchori juga mulai mewacanakan untuk kedepannya setiap pemangku di pekon itu akan memiliki tanaman identik sendiri-sendiri seperti di Pemangku A khusus tanaman terong, Pemangku B tanaman buah-buahan lainnya. 

Dan Pekon Trimulyo yang sekarang dikenal dengan wisata negeri diatas awan Temiangan Hill juga akan dikenal dengan kampung agro wisata.

"Secara berkesinambungan kita akan terus upayakan hal-hal itu, sehingga masyarakat bukan saja dapat memetik hasilnya, namun masuknya wisatawan dari luar yang dapat langsung melihat, mengambil dan membeli tanaman yang ada seperti Tanaman Anggur," ujarnya. 

Pihaknya menyebutkan, tanaman anggur sudah dapat dikembangkan di tanah Lampung Barat bahkan budidaya buah anggur tersebut sudah ada di laksanakan di beberapa wilayah lambar yang sifatnya milik pribadi. 

Seperti kita ketahui, buah anggur merupakan jenis buah-buahan yang digemari masyarakat dan harga jual juga cukup tinggi dibandingkan buah-buahan lainnya.(r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: