Bencana Mengintai, Pemkab Lambar Siagakan 775 Personel

Bencana Mengintai, Pemkab Lambar Siagakan 775 Personel

Medialampung.co.id - Kondisi cuaca di Kabupaten Lampung Barat saat ini semakin ekstrim, hujan deras hampir setiap hari terjadi. Hal ini membuat bencana alam, berupa longsor, banjir dan pohon tumbang berpotensi terus terjadi.

Pemkab Lampung Barat, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyiagakan personel 1x24 jam. Jumlah personel yang disiagakan mencapai 775 orang, yang terdiri dari Satgas kabupaten, kecamatan dan pekon dan kelurahan. 

Kepala BPBD Lambar Padang Prio Utomo, SH., mengungkapkan, jumlah personel yang disiagakan mencapai 775 orang tersebut terdiri dari Pusdalops, Satgas TRC, Satgas PB, dan Satgas SAR di tingkat kabupaten berjumlah sebanyak 65 orang. 

"Selain itu kami juga berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menyiagakan personel Satgas PB di tingkat pekon yang berjumlah sebanyak 680 orang personel atau lima orang personel di setiap pekon, lalu 30 personel Satgas PB kecamatan atau dua orang di masing-masing kecamatan, " ungkap Padang. 

Menghadapi ancaman bencana alam dalam cuaca ekstrim ini, kata dia, pihaknya terus meningkatkan koordinasi, terlebih untuk jalur koordinasi Satgas PB pekon dan kecamatan dibawah kendali dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP), camat dan peratin. 

"Dalam setiap penanganan bencana alam yang terjadi di pekon, Satgas PB kabupaten berkoordinasi dengan Satgas PB kecamatan dan Pekon, dan terkait Lambar dilanda cuaca ekstrime Satgas PB kecamatan dan pekon juga sudah diminta untuk siaga," kata dia. 

Selain mensiagakan personel 1x24 jam, kata Padang, pihaknya juga menyiapkan sarana dan prasarana pendukung, baik dalam penanganan longsor, banjir dan pohon tumbang. Namun sejauh ini, alat berat berupa excavator menjadi kendala, mengingat BPBD setempat belum memiliki alat tersebut.

"Hanya saja kami terus berkoordinasi dengan pihak terkait dalam hal ini DPUPR untuk bisa menurunkan alat berat ketika ada bencana alam terjadi, khususnya bencana longsor," imbuhnya. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: