Bantuan Listrik Rumah Ibadah Dihapus, Parosil Gantikan Dengan Bantuan Mimbar Masjid 

Bantuan Listrik Rumah Ibadah Dihapus, Parosil Gantikan Dengan Bantuan Mimbar Masjid 

Medialampung.co.id - Program bantuan pembayaran rekening listrik bagi rumah ibadah di Kabupaten Lampung Barat telah dihapus dan digantikan dengan bantuan mimbar. Hal itu disampaikan Bupati Parosil Mabsus saat membeberkan pitu program yang salah satunya terkait peningkatan iman dan taqwa.

Parosil menyebut alasan dihapusnya program baru yang digulirkan pemerintah daerah pada tahun 2021 itu karena dalam proses administrasi pendaftaran cukup rumit, sehingga agar lebih efektif maka bantuan dialihkan untuk pengadaan mimbar masjid.

“Jadi perlu diketahui masyarakat program bantuan subsidi listrik yang kami gulirkan di tahun 2021 lalu kini telah dihapus, karena persyaratannya cukup rumit, namun harus diketahui bahwa terkait program peningkatan iman dan taqwa ini kita alihkan untuk bantuan mimbar masjid yang saat ini sudah tersalur ke sebanyak 36 masjid,” ujar Parosil saat menghadiri kegiatan musrenbang tingkat Kecamatan Lumbokseminung di Pekon sukamaju, Kamis (17/2).

Ia menjelaskan bahwa bantuan pembayaran rekening listrik untuk masing-masing rumah ibadah tersebut mendapat dana sebesar Rp1,2 juta selama satu tahun. Namun menurutnya, jumlah bantuan tersebut tak sebanding dengan proses pengurusan administrasinya.

”Kami menilai dari besaran bantuan Rp 1,2 juta ini tidak sebanding dengan proses pengurusan administrasinya, belum lagi rentang jarak yang jauh dari masing-masing pekon untuk mengurus ke pemkab, sehingga kita alihkan saja ke bantuan mimbar,” kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa selain menggulirkan program bantuan tersebut, sejak tahun 2021 lalu pihaknya telah menggulirkan program bantuan kematian berupa sembilan bahan pokok seperti beras, minyak goreng, gula, telur air mineral dan lainnya.

“Jadi selain rumah ibadah, masyarakat yang tertimpa musibah juga turut mendapat perhatian melalui bantuan sembako ini, dan di berbagai kesempatan saya ingatkan agar peratin cepat melapor jika ada warganya yang meninggal dunia supaya bantuan ini bisa langsung disalurkan, jadi jangan nunggu lama-lama supaya bantuan ini bisa langsung dimanfaatkan,” tutupnya.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: