Bantuan Fasilitas Pojok Baca Diharapkan Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Bantuan Fasilitas Pojok Baca Diharapkan Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Medialampung.co.id – Kehadiran fasilitas Pojok Baca yang hampir ada di setiap pekon di Kabupaten Lampung Barat diharapkan semakin meningkatkan literasi atau minat baca masyarakat. apalagi ditambah adanya bantuan fasilitas pendukung yaitu satu paket berupa rak buku serta meja dan kursi yang diserahkan oleh tim Gerakan Literasi Daerah (GLD) Lambar untuk dua pekon di Kecamatan Batubrak, Senin (24/1).

Camat Batubrak Sutian mengatakan, sebagai bentuk komitmen mewujudkan kabupaten literasi, pemerintah dan tim GLD berupaya meningkatkan fasilitas pojok baca yang di pekon dengan menyalurkan bantuan fasilitas pendukung berupa Rak serta meja dan kursi.

“Di Kecamatan Batubrak bantuan ini diterima oleh Pekon Balak dan pekon Kembahang. Dari segi manfaat, fasilitas rak, kursi serta meja ini diharapkan semakin memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam memanfaatkan pojok baca dan diharapkan dapat semakin meningkatkan minat baca masyarakat,” ujarnya.

Dijelaskannya, komitmen lampung barat sebagai kabupaten literasi telah dicanangkan pada Mei 2018 lalu. hal ini juga didukung dengan terbitnya Peraturan Bupati Lampung Barat No.19/2018 tentang gerakan literasi Daerah (GLD). 

“Dalam penjabarannya Literasi adalah kemampuan untuk memaknai informasi secara kritis, sehingga dapat mengakses ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas hidup manusia, serta dapat berkreasi menuangkannya dalam bentuk tulisan sehingga dapat menambah bahan bacaan dan bermanfaat bagi orang lain,” paparnya.

Gerakan Literasi Daerah ini ditujukan untuk menumbuh kembangkan budaya literasi pada ekosistem pendidikan mulai dari keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam rangka pembelajaran sepanjang hayat sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Dan dalam pelaksanaannya GLD ini dilakukan berkesinambungan, terintegrasi, dan melibatkan semua pemangku termasuk pemerintah pekon.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: