2022, Pemkab Lambar Usulkan DAK Rp350 Miliar

2022, Pemkab Lambar Usulkan DAK Rp350 Miliar

Medialampung.co.id - Pemkab Lambar mengusulkan dana alokasi khusus (DAK) tahun 2022 mendatang sebesar Rp350 miliar lebih kepada pemerintah pusat.

“Untuk DAK reguler tahun 2022, kita mengusulkan sebesar Rp350 miliar lebih. Sementara untuk DAK Penugasan, Kabupaten Lambar tahun mendatang tidak dapat dikarenakan pemerintah pusat sedang fokus pada Food Estate dan Indonesia Timur,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Agustanto Basmar, S.P, M.Si, Rabu (30/6).

Ia memaparkan, jumlah usulan DAK 2022 sebanyak 934 kegiatan yang tersebar di Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) serta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

“Untuk DAK reguler terdiri dari enam bidang yaitu bidang pendidikan, bidang kesehatan dan KB, bidang jalan, bidang air minum, bidang sanitasi, serta bidang perumahan dan pemukiman,” kata dia.

Lanjut dia, DAK dialokasikan untuk membantu daerah mendanai kebutuhan fisik sarana dan prasarana dasar yang merupakan prioritas nasional di bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur (jalan, irigasi, dan air bersih), kelautan dan perikanan, pertanian, prasarana pemerintahan daerah, serta lingkungan hidup.

“Mudah-mudahan jumlah DAK yang kita usulkan pada tahun 2022 dapat direalisasikan oleh Pemerintah Pusat,” ucapnya. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: