12 Calon Peratin di Lumbokseminung Sepakat Wujudkan Pilratin Damai 

12 Calon Peratin di Lumbokseminung Sepakat Wujudkan Pilratin Damai 

Medialampung.co.id – 12 calon peratin dari tiga pekon yaitu Sukabanjar, Heniarong dan Lombok timur di Kecamatan Lumbokseminung, Kabupaten Lampung Barat menggelar deklarasi damai pada pelaksanaan pemilihan peratin (Pilratin) serentak tahun 2022 mendatang.

Pernyataan sikap untuk siap mewujudkan pesta demokrasi tingkat pekon yang damai itu ditandatangani oleh seluruh calon yang disaksikan oleh unsur pimpinan kecamatan (Uspika) yaitu Camat Lumbokseminung Hendri Wijaya, Kapolsek Balikbukit Iptu Arnis Daely, Danramil 422-04 Balikbukit.

Dalam deklarasi damai itu, seluruh calon wajib melaksanakan delapan poin aturan yang telah dibuat yaitu Pertama, mematuhi dan melaksanakan semua peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan pemilihan Peratin.

Kedua, menjamin suksesnya tahapan kegiatan dan jadwal penyelenggaraan pilpratin periode 2022-2028 di pekon dengan baik, aman,damai dan senantiasa menciptakan suasana yang tenang dalam berkampanye serta menghindari timbulnya konflik dalam masyarakat.

Ketiga, menghormati perbedaan pendapat dan menempuh jalur musyawarah atau melalui jalur hukum untuk menyelesaikan masalah yang timbul. Keempat, mengajak seluruh masyarakat yang telah memiliki hak pilih datang ke TPS untuk menyalurkan hak pilihnya pada tanggal 23 Februari 2022.

Kelima, meminta kepada semua pihak terutama pihak Kepolisian dan TNI untuk melakukan langkah langkah tindakan pengamanan sesuai dengan peraturan yang berlaku, khususnya dalam melaksanakan pemungutan suara dan perhitungan suara. 

Keenam, sanggup menerima sanksi atas pelanggaran maupun pengingkaran atas pernyataan ini. Ketujuh, siap menerima hasil akhir rekapitulasi perhitungan suara, siap menang siap kalah dan tidak akan menuntut siapapun baik panitia pemilihan peratin tingkat pekon maupun tingkat kabupaten.  Kedelapan, masing-masing calon peratin menyatakan tidak money politik.

Dalam kesempatan itu, Camat Lumbokseminung menekankan kepada seluruh calon agar dapat mematuhi dan melaksanakan seluruh aturan yang dibuat dan disepakati bersama tersebut. 

“Dengan sudah ditandatangani pernyataan ini, maka seluruh calon peratin telah bersedia dan wajib melaksanakan dan menaati tata tertib pelaksanaan pilratin ini dengan penuh rasa tanggung jawab,” pesannya.

Sementara itu, Kapolsek Balikbukit Iptu Arnis Daely yang berpesan kepada seluruh calon peratin agar dapat menjaga kondusifitas wilayah pada masa pilratin serta tetap mengedepankan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19.

“Seluruh calon harus dapat menjaga situasi kamtibmas di wilayah masing-masing, dan tetap disiplin jalankan prokes di segala aktivitas agar seluruh tahapan pilratin berjalan aman dan damai serta terhindar dari penularan wabah Covid-19,”  imbuhnya.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: