Jelang Keberangkatan Haji, Keluarga Besar Kecamatan Batubrak Gelar Walimatus Safar

Jelang Keberangkatan Haji, Keluarga Besar Kecamatan Batubrak Gelar Walimatus Safar

--

Medialampung.co.id - Sebagai ungkapan rasa syukur menjelang keberangkatan ibadah haji, keluarga besar Kantor Kecamatan Batubrak, Kabupaten Lampung Barat menggelar acara Walimatus Safar yang berlangsung di aula kantor kecamatan setempat, Jumat (3/6).

Acara tersebut digelar untuk mengiringi keberangkatan ibadah haji Camat Batubrak Sutian, Sekcam Batubrak Galih Joko Purnomo, Kasubbag Kepegawaian Maswati serta Kepala Balai Penyuluh KB Batubrak M Sanusi yang masing-masing didampingi para istri. 

Acara itu dihadiri unsur pimpinan kecamatan, peratin, serta para tokoh agama dan masyarakat.

Diketahui, Walimatus Safar merupakan hal lazim yang dilaksanakan setiap calon jamaah haji yang akan menunaikan ibadah haji, dengan melangsungkan doa bersama untuk mengiringi keberangkatan para calon jamaah haji agar lancar dalam pelaksanaan ibadah serta meraih haji yang mabrur. 

Camat Batubrak Sutian mengatakan acara silaturahmi ini tidak lain tujuannya untuk menggelar doa bersama, sekaligus saling bermaaf-maafan agar dalam pelaksanaan ibadah rukun islam kelima tersebut diberi kelancaran serta dilimpahkan berkah kesehatan dan keselamatan. 

“Dan tentunya kami memohon kepada saudara semua agar seluruh jamaah diberi kesehatan, kelancaran selama menunaikan ibadah dan kembali ke tanah air dengan selamat serta bisa meraih gelar haji yang mabrur,” harapnya.

Sekadar diketahui, tahun ini Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lampung Barat menetapkan sebanyak 196 Calon Jamaah Haji (CJH) yang berhak berangkat pada tahun 1443 H/2022.

Sebelumnya, Kepala Kankemenag Lampung Barat Maryan Hasan melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Firdaus mengatakan bagi jamaah yang dapat melakukan pemberangkatan haji pada tahun 2022 ini patut bersyukur karena untuk memperoleh kesempatan menunaikan Ibadah haji tentu melalui proses yang panjang dan tidak mudah. 

“Tahun ini saja, jamaah haji yang sudah siap berangkat dan telah melunasi Biaya Penyelenggaraan Haji (BPIH), belum seluruhnya dapat diberangkatkan karena terbentur aturan pihak penyelenggara, dengan dibatasi umur, dan kuota yang terbatas," jelas Firdaus. 

 

Kini, terus dia, seluruh jemaah telah memperoleh pembekalan pengetahuan tentang perjalanan haji mulai dari kegiatan bimbingan manasik haji, baik yang dilakukan secara mandiri maupun yang dilakukan oleh pemerintah. (edi/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: