PKBI Cabang Lambar Gelar Apel Besar Kesadaran Remaja Berhenti Merokok

PKBI Cabang Lambar Gelar Apel Besar Kesadaran Remaja Berhenti Merokok

--

Medialampung.co.id - Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Lampung Barat (Lambar) menggelar Apel Besar Kesadaran Remaja Berhenti Merokok (AB.KRAB.M) di SMPN 1 Liwa. Kegiatan tersebut dilakukan bersamaan dengan upacara di sekolah tersebut, Senin (23/5). 

Hal itu diungkapkan Sekretaris PKBI Cabang Lampung Barat Drs. Sandarsyah, mendampingi Ketua PKBI Cabang setempat Partinia, S.Pd  M.M, Senin (23/5)

Adapun sebagai Pembina Upacara dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua PKBI Cabang Lampung Barat Drs Tono Suparman, serta dihadiri oleh Kepala SMPN 1 Liwa, Budi Santoso, S.Pd, M.M,  dan segenap Dewan Guru, serta jajaran pengurus PKBI Cabang Lampung Barat.

Menurut Sandarsyah, dalam kegiatan tersebut terdapat 11 siswa yang mengucapkan Tri Ikrar sekaligus menandatangani surat pernyataan berhenti merokok. Kegiatan ini dilakukan untuk mempublikasikan dan mempromosikan kepada siswa yang atas kesadaran sendiri untuk berhenti merokok.

“Tujuan AB.KRAB.M ini adalah untuk meningkatkan pemahaman, sikap dan perilaku remaja (siswa) dalam aspek Promotif dan Preventif serta memberikan motivasi kepada remaja (siswa) agar memahami bahaya akibat merokok,” ungkap Sandarsyah.

Sedangkan hasil yang diharapkan agar remaja (siswa) konsisten dan konsekuen dengan ikrar yang telah diucapkan, berperilaku hidup sehat dengan berhenti total sebagai perokok aktif, serta menjadi suri tauladan bagi orang lain, khususnya teman sebaya, bahkan dapat menjadi ‘Pendidik Sebaya’ atau Peer Educator.

“Ada tiga poin ikrar yang diucapkan oleh kesebelas siswa tersebut yaitu berhenti merokok secara aktif maupun pasif selamanya dan seterusnya, mendukung peringatan bahwa merokok menyebabkan kanker tenggorokan, mulut dan paru, serta menyetujui larangan menjual atau memberi rokok pada anak usia di bawah 18 tahun dan perempuan hamil,” pungkas Sandarsyah. (lus/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: