Kanwil Bea Cukai Sumbagbar Imbau Masyarakat Waspadai Penipuan Catut Nama Bea Cukai

Kanwil Bea Cukai Sumbagbar Imbau Masyarakat Waspadai Penipuan Catut Nama Bea Cukai

--

Medialampung.co.id - Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Sumatera Bagian Barat (Sumbagbar) di Bandarlampung meminta masyarakat agar berhati-hati atas penipuan yang mengatasnamakan Bea Cukai.

Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Kepatuhan dan Hubungan Masyarakat Ichlas M Nasution mengatakan saat ini banyak sekali terjadi penipuan khususnya yang mengatasnamakan kantor Bea Cukai. 

"Adapun modusnya mereka melampirkan ID card atau kartu tanda pengenal bea cukai, sehingga korban itu yakin," katanya saat memberikan keterangan, Jumat (20/5).

Lanjutnya, hal yang rentan terjadi penipuan dengan mengatasnamakan Bea Cukai adalah belanja online melalui melalui ecommerce.

"Biasanya para penipu akan menghubungi korban dengan mengatakan barang yang dibeli misalnya tas bermerek dengan harga murah, lalu barang itu ditahan di bea cukai dan harus menyetorkan sejumlah uang supaya barang yang kita beli bisa diambil," terangnya. 

Karena itulah Ichlas meminta masyarakat untuk waspada ketika membeli barang melalui e-commerce atau online shop.

Untuk mengatasi hal-hal demikian, bea cukai memberikan beberapa tips untuk mengetahui kebenarannya.

"Masyarakat dapat mengecek bravo BC di 1500225, atau telepon Kanwil Sumbagbar di Nomor 0721 5609040, atau bisa juga dengan mengecek rekening yang tidak dilaporkan di website http://cekrekening.id," terangnya. 

Selanjutnya, bahwa DJBC tidak pernah menghubungi pemilik barang untuk meminta sejumlah uang saat suatu barang tertahan pada bea masuk dan pajak dalam proses pengiriman barang.

 

"Kami dari bea cukai tidak pernah meminta sejumlah uang yang ditransfer melalui rekening pribadi. Jadi, masyarakat harus bisa lebih berhati-hati dalam menanggapi hal seperti ini," pungkasnya. (ded/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: