RSV4 X-GP: Perpaduan Desain MotoGP dan Eksklusivitas
RSV4 X-GP menjadi superbike paling ekstrem Aprilia, hanya diproduksi dalam jumlah puluhan unit.--
MEDIALAMPUNG.CO.ID – Aprilia kembali menunjukkan keahliannya dalam dunia superbike dengan merilis RSV4 X-GP, motor edisi terbatas yang membawa teknologi langsung dari MotoGP.
Varian paling ekstrem dari keluarga RSV4 ini dirancang dengan fokus penuh pada performa, aerodinamika, serta pengalaman berkendara yang nyaris identik dengan motor balap profesional.
Aprilia RSV4 X-GP hadir dengan tampilan agresif berkat fairing aerodinamis lengkap winglet, yang terinspirasi dari motor RS-GP di ajang MotoGP.
Seluruh bodi menggunakan material serat karbon yang sangat ringan sehingga bobot total motor berkurang drastis. Hal ini mendukung akselerasi tajam serta handling yang lincah di lintasan.
BACA JUGA:Face Yoga: Cara Alami Membuat Wajah Segar, Kencang, dan Awet Muda
Tidak hanya menonjolkan kesan garang, desain aerodinamis ini berfungsi nyata dalam menciptakan downforce tambahan di kecepatan tinggi. Hasilnya, motor tetap stabil meskipun dipacu dalam kondisi ekstrem di sirkuit.
Jantung pacu RSV4 X-GP menggunakan mesin V4 1.099 cc yang sudah melegenda di dunia superbike.
Untuk versi spesial ini, Aprilia melakukan tuning eksklusif hingga tenaga mampu menembus angka lebih dari 230 hp.
Tenaga besar tersebut disalurkan melalui gearbox balap dengan rasio rapat, memungkinkan perpindahan gigi berlangsung cepat sekaligus menghadirkan respons mesin buas, layaknya motor prototipe MotoGP.
BACA JUGA:Pemdes Gedung Harapan gelar Musdes RKPDes 2026 dan Salurkan BLT DD Tahap Tiga
Aprilia menyematkan berbagai teknologi terkini pada RSV4 X-GP. Sistem elektronik canggih Aprilia Performance Ride Control (APRC) memberikan opsi mode balap yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengendara.
Transmisi didukung quickshifter dua arah yang membuat perpindahan gigi lebih praktis tanpa harus menarik tuas kopling.
Suspensi Öhlins full adjustable memastikan kestabilan di setiap tikungan, sementara sistem pengereman Brembo GP4-MS dengan kaliper monoblok menawarkan kualitas pengereman setara motor balap profesional.
Berkat material titanium dan magnesium, bobot motor hanya sekitar 166 kg dalam kondisi kering, membuatnya salah satu superbike paling ringan di kelasnya.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:




