Duel SUV Diesel Paling Gesit Antara Pajero Sport VS Fortuner, Mana Paling Irit
SUV Mesin Diesel Pajero Sport VS Fortuner dua mobil yang selalu Adu saingan --
Toyota Fortuner 2.4L mencatat rata-rata konsumsi bahan bakar sekitar 13 km/liter di rute tol, dan sekitar 9-10 km/liter di rute dalam kota.
Mitsubishi Pajero Sport 4x2 Dakar dengan mesin 2.4L MIVEC menunjukkan efisiensi sekitar 14 km/liter di tol, dan 10-11 km/liter di dalam kota.
BACA JUGA:Brio Jadi Andalan Penjualan, Honda Tetap Bertahan di Tiga Besar Otomotif Nasional
Secara mengejutkan, meskipun memiliki tenaga yang lebih besar, Pajero Sport justru lebih hemat solar di skenario riil. Ini karena teknologi MIVEC yang membuat pembakaran lebih efisien.
Kesimpulan sementara: Untuk urusan irit solar, Pajero Sport unggul tipis.
Akselerasi dan Respons Mesin
Efisiensi penting, tapi kalau gas diinjak dan mobil telat merespons? Bisa bikin frustrasi. Untungnya, dua mobil ini sama-sama responsif, tapi tetap ada bedanya:
Fortuner 2.8L dengan 500 Nm torsinya mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu sekitar 11 detik.
Pajero Sport Dakar Ultimate mencatat waktu akselerasi sekitar 10,5 detik.
BACA JUGA:BMW CE 04: Skuter Listrik Futuristik yang Menyatukan Desain Visioner dan Teknologi Canggih
Yang menarik, walaupun output Fortuner lebih besar di atas kertas, Pajero Sport terasa lebih gesit dalam praktik karena transmisi 8 percepatannya mengatur daya dengan sangat baik.
Pengalaman Berkendara: Stabil atau Tegang?
Kalau kamu tipe yang sering mengendarai sendiri atau bareng keluarga, kenyamanan suspensi dan pengendalian akan sangat terasa.
Pajero Sport cenderung punya suspensi yang lebih empuk dan handling yang lebih “nurut”, cocok untuk perjalanan jauh dan jalan bergelombang.
Fortuner, apalagi varian GR Sport, cenderung sedikit lebih keras karena fokus pada kestabilan dan pengendalian tajam.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:




