Petani Durian Pekalongan Naik Kelas Berkat Dukungan BRI

Sabtu 26-10-2024,11:27 WIB
Reporter : Budi Setiawan

MEDIALAMPUNG.CO.ID – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) terus memperlihatkan komitmennya dalam memperkuat ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Salah satu bentuk dukungannya adalah dengan pemberdayaan klaster durian di Desa Lemahabang, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Upaya ini bertujuan tidak hanya untuk meningkatkan produksi, tetapi juga untuk meningkatkan daya saing durian lokal di pasar nasional dan internasional.

Ahmad Baehaqi, Ketua Kelompok Klaster Durian Lemahabang, menyatakan bahwa sejak tahun 2020, kelompoknya aktif melakukan persilangan durian lokal dengan jenis premium seperti Bawor, Musang King, dan Super Tembaga.

“Upaya persilangan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas durian lokal, baik dari segi rasa, tekstur, maupun daya tahan,” ujarnya dalam acara Bazaar UMKM BRILian di Kantor Pusat BRI, Jumat (18/10). 

Dengan teknik persilangan ini, durian Lemahabang diharapkan dapat memiliki daya saing yang kuat sekaligus meningkatkan kesejahteraan para petani.

 

Pemberdayaan Ekonomi Melalui Dukungan Modal dan Edukasi

Keberhasilan Klaster Durian Lemahabang ini tidak lepas dari dukungan modal yang diberikan oleh BRI. 

Melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari BRI, Baehaqi berhasil mendapatkan modal awal untuk membeli bibit durian unggulan dan menyewa lahan. 

“Alhamdulillah, saat ini saya sudah mempunyai lahan sendiri sebesar 5 hektar,” jelasnya. 

Pemberdayaan ekonomi yang dilakukan BRI tidak hanya terbatas pada pemberian modal, tetapi juga pendampingan dalam bentuk pelatihan usaha, sebagaimana disampaikan Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari. 

“Kami berkomitmen untuk terus mendampingi dan membantu pelaku UMKM, tidak hanya dengan memberikan modal usaha, tetapi juga melalui pelatihan-pelatihan usaha dan program pemberdayaan lainnya, sehingga UMKM dapat tumbuh dan berkembang,” jelas Supari.

Dukungan BRI kepada kelompok ini terbukti mampu meningkatkan produktivitas durian. 

Saat ini, Klaster Durian Lemahabang memiliki sekitar 70 anggota yang mampu memanen durian hingga tiga kali setahun dengan hasil yang melimpah. 

Kategori :