Rampungkan Pembangunan Fisik, Desa Ogan Jaya Prioritaskan Pengentasan Stunting di Tahun 2025

Jumat 25-10-2024,19:38 WIB
Reporter : Hasan Saputra
Editor : Budi Setiawan

LAMPURA, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Desa Ogan Jaya, Kecamatan Abung Pekurun, Kabupaten Lampung Utara, telah menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbang) sekaligus Serah Terima Pekerjaan Fisik Tahun 2024. 

Kepala Desa Ogan Jaya, Hevi Sondia, menjelaskan bahwa desa berkolaborasi dengan pihak kecamatan dan masyarakat dalam menyusun rencana pembangunan dengan musyawarah mufakat, yang menghasilkan sembilan program prioritas untuk Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Ogan Jaya tahun 2025.

Program prioritas Desa Ogan Jaya meliputi Pengentasan Stunting, pembangunan Gedung Posyandu, Rabat Beton, Siring Pasang, Tembok Penahan Tanah (TPT), serta rehabilitasi gedung PAUD dan fasilitas umum lainnya.

“Kesepakatan ini diraih melalui musyawarah mufakat. Program prioritas akan kami input ke dalam RKPDes 2025, dengan fokus utama pada pengentasan stunting. Selain itu, ada usulan pembangunan jalan hotmix yang akan diajukan melalui aplikasi SIPD,” jelas Hevi, Jumat, 25 Oktober 2024.

BACA JUGA:Tips dan Trik agar Hasil Fotografi Ponsel Terlihat Profesional

Usai Musrenbang, kegiatan dilanjutkan dengan Musyawarah Desa Serah Terima (MDST) untuk pekerjaan fisik yang telah selesai. 

Dua titik Rabat Beton di Dusun I, RT 02, sepanjang 385 meter dan 160 meter, diserahterimakan dengan biaya masing-masing Rp138 juta dan Rp215 juta.

"Tim Pelaksana Kegiatan menyerahkan hasil pembangunan kepada kami selaku Kepala Desa. Kami kemudian menyerahkannya secara simbolis kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD), sebagai perwakilan masyarakat penerima manfaat," ujar Hevi.

Penyerahan ini disaksikan langsung oleh Camat Abung Pekurun, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pendamping Kecamatan, serta tokoh masyarakat.

BACA JUGA:Pemkot Bandar Lampung Akan Lakukan Penanaman Seribu Pohon dan Pembuatan Biopori untuk Cegah Banjir

Pemeriksaan fisik proyek dilakukan di lapangan untuk memastikan mutu dan kelayakannya.

Hevi berharap, seluruh pihak bisa merawat hasil pembangunan yang dibiayai Dana Desa ini agar bermanfaat jangka panjang dan mendukung pemerataan pembangunan di Desa Ogan Jaya.

Ketua BPD Ogan Jaya, Muslimin, mengapresiasi kinerja Kepala Desa dalam memajukan desa melalui pembangunan infrastruktur.

Muslimin berharap agar Pemerintah Desa Ogan Jaya terus melakukan pembangunan yang merata di seluruh wilayah desa tanpa pilih kasih, demi kesejahteraan dan kesetaraan masyarakat.

BACA JUGA:Jadi Polisi Gadungan, Residivis Narkoba Curi HP dan Kuras Saldo Rekening Wanita di Bandar Lampung

Kategori :