Aksi Penipuan di Agen BRILink Digagalkan, SOP yang Kuat Jadi Kunci

Rabu 23-10-2024,22:01 WIB
Reporter : Budi Setiawan

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Baru-baru ini, netizen di platform X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter) dikejutkan dengan sebuah video rekaman CCTV yang memperlihatkan upaya penipuan di salah satu agen BRILink. 

Rekaman tersebut menunjukkan seorang pria yang mencoba melakukan transaksi tarik tunai menggunakan dokumen palsu. 

Namun, berkat kewaspadaan agen BRILink yang bertugas, percobaan penipuan tersebut berhasil digagalkan.

Dalam video yang diunggah oleh akun @bacottetangga_, terlihat jelas kronologi kejadian yang memperlihatkan bagaimana pelaku mencoba mencairkan dana sebesar Rp3.000.000 dengan menggunakan dokumen yang diduga telah diedit. 

Lokasi pasti kejadian memang tidak diungkapkan, namun percakapan antara pelaku dan agen BRILink terdengar dengan jelas, memperlihatkan bagaimana modus penipuan tersebut dilakukan.

 

Kewaspadaan Agen BRILink Menggagalkan Percobaan Penipuan

Awalnya, terduga pelaku datang ke agen BRILink dengan niat untuk melakukan penarikan tunai sebesar Rp3.000.000. 

"Kak, mau tarik tunai Rp3.000.000," ucap pelaku seperti yang dituliskan oleh akun @bacottetangga_ dalam unggahannya. 

Agen BRILink yang bertugas dengan sigap menanggapi permintaan tersebut dan meminta pelaku untuk mentransfer dana terlebih dahulu. 

"Boleh, ditransfer langsung saja ya," ujar agen tersebut.

 

Namun, kecurigaan mulai muncul ketika bukti transfer yang diberikan oleh pelaku tidak diikuti oleh perubahan status di sistem. 

Agen BRILink yang teliti segera memeriksa sistem dan mendapati bahwa tidak ada mutasi masuk yang menandakan dana telah ditransfer. 

Dalam situasi yang semakin mencurigakan ini, agen memutuskan untuk menahan transaksi dan menolak memberikan uang tunai kepada pelaku.

Kategori :