Damkar Kota Bandar Lampung Catat 519 Penyelamatan hingga Oktober

Minggu 20-10-2024,20:07 WIB
Reporter : Arif Setiawan
Editor : Budi Setiawan

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandar Lampung mencatat telah melakukan 519 penyelamatan sejak Januari hingga Oktober 2024.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Anthoni Irawan, pada Minggu 20 Oktober 2024.

Anthoni menjelaskan, tugas penyelamatan yang dilakukan oleh pihaknya meliputi berbagai hal, mulai dari penyelamatan barang, evakuasi hewan, hingga penyelamatan manusia.

“Kami melakukan penyelamatan barang, evakuasi hewan, serta penyelamatan terhadap manusia,” ujarnya.

BACA JUGA:Polresta Bandar Lampung Pastikan Keamanan Gudang Logistik Pilkada 2024

Adapun rincian penyelamatan yang dilakukan hingga bulan ini mencapai total 519 kasus. Dari jumlah tersebut, evakuasi ular menempati urutan tertinggi dengan 165 ekor, diikuti oleh sarang tawon sebanyak 149 kasus, kucing 41, dan biawak 31.

Selain itu, Damkar juga mengevakuasi 2 ekor hewan kurban, 1 kadal, 1 musang, 1 anjing, 3 monyet, serta 3 kasus ulat bulu.

Untuk penyelamatan manusia, pihak Damkar berhasil menangani kasus anak hanyut sebanyak 1, korban tenggelam 1, mobil terperosok 4, serta membuka kunci mobil 3. Evakuasi cincin pada jari manusia menjadi salah satu penyelamatan yang sering dilakukan, dengan total 97 kasus. Ada pula 6 kasus gembok, 1 kasus orang jatuh ke dalam sumur, dan 1 kasus evakuasi kelelawar.

“Dari 519 kasus tersebut, alhamdulillah semuanya bisa kami tangani dengan baik,” tambah Anthoni.

BACA JUGA:Tiga Pilar Kamtibmas di Bandar Lampung Gelar Patroli Skala Besar Jelang Pelantikan Presiden

Ia juga menyebutkan bahwa evakuasi ular, sarang tawon, serta cincin pada jari manusia merupakan kasus yang paling sering ditangani oleh tim Damkar Kota Bandar Lampung.

“Anthoni menghimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dan segera melapor jika menemukan masalah serupa,”tutupnya.

Kategori :