Polda Lampung Ungkap 7 Elemen Pendukung Keberhasilan Pilkada Serentak 2024

Minggu 29-09-2024,18:19 WIB
Reporter : Dedi Andrian
Editor : Budi Setiawan

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Polda Lampung menyatakan bahwa terdapat tujuh elemen kunci dalam mendukung keberhasilan Pilkada serentak 2024.

Ketujuh elemen tersebut meliputi Penyelenggara, Pengawas, Pemerintah Daerah, Pasangan Calon (Paslon), Masyarakat, Aparat Keamanan, dan Media.

"Setiap elemen memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan pelaksanaan Pilkada yang aman, lancar, dan sesuai dengan aturan yang berlaku," ujar Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadilah Astutik, Sabtu 28 September 2024.

Umi menjelaskan lebih lanjut, bahwa penyelenggara dan pengawas Pilkada, seperti KPU, Bawaslu, dan DKPP, harus menjalankan tugasnya dengan netral, berintegritas, dan menjamin hak pilih setiap warga negara. 
BACA JUGA:PLN Lampung Dorong Terciptanya Kemandirian Ekonomi Masyarakat Melalui Program TJSL

BACA JUGA: Buka Lomba Senam Jantung Sehat,Ketua YJI Lampung Selatan Winarni Ajak Masyarakat Rutin Olahraga

Pemerintah daerah di setiap tingkatan bertanggung jawab memberikan dukungan dalam penyelenggaraan Pilkada, mulai dari ketersediaan anggaran hingga penyediaan fasilitas bagi penyelenggara, peserta, dan masyarakat sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Dari sisi Paslon, mereka diharapkan mematuhi prosedur pemilihan, siap menerima hasil dengan sportif, dan menjauhkan diri dari praktik politik uang, kampanye hitam, penyebaran hoaks, serta tindakan curang lainnya.

Masyarakat, sebagai pemilih, memegang peran sentral dalam menciptakan Pilkada yang bebas dari politik uang, menjaga suasana kondusif, dan memastikan partisipasi aktif dengan datang ke TPS.

Sementara itu, aparat keamanan, termasuk TNI/Polri, Satpol PP, dan Linmas, diharapkan mampu memberikan pengamanan maksimal dan tetap menjaga netralitas.

"Peran media juga sangat penting dalam kesuksesan Pilkada, dengan menyampaikan informasi yang akurat, berimbang, dan bebas hoaks," kata Umi.

 

BACA JUGA:Dukung Implementasi Kurikulum Merdeka, Pemprov Lampung Akan Gelar Seleksi Terbuka Kepala Sekolah

BACA JUGA:Antisipasi Hoax dan Ujaran Kebencian, Polda Lampung Bentuk Tim Patroli Siber untuk Awasi Pilkada

Umi juga menekankan pentingnya kerjasama semua pihak dalam menjaga situasi Kamtibmas selama masa Pilkada 2024, agar terhindar dari potensi konflik yang dapat mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa, terutama di Provinsi Lampung.

 

"Kita semua harus bekerjasama untuk memastikan Pilkada serentak 2024 di Provinsi Lampung berjalan dengan sukses," pungkasnya.

Kategori :