Lampung Pertahankan Posisi 10 Besar di PON XXI 2024, Raih 68 Medali

Sabtu 21-09-2024,14:20 WIB
Reporter : Dedi Andrian
Editor : Budi Setiawan

MEDIALAMPUNG.CO.ID -Provinsi Lampung kembali mencatatkan prestasi gemilang dengan berhasil mempertahankan posisinya di 10 besar pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 yang diselenggarakan di Aceh dan Sumatera Utara. 

Kontingen Lampung membawa pulang total 68 medali, yang terdiri dari 22 medali emas, 16 perak, dan 30 perunggu.

Adapun urutan peringkat 10 besar PON XXI 2024 adalah sebagai berikut: Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Aceh, Bali, Kalimantan Timur, DIY, dan Lampung.

Prestasi ini mengulang kesuksesan yang sama seperti pada PON Papua 2021, di mana Lampung juga menempati posisi ke-10 dengan perolehan 36 medali (14 emas, 10 perak, dan 12 perunggu).

BACA JUGA:Polda Lampung Dalami Kebakaran Gudang di Natar Hanguskan Tiga Mobil dan Satu Motor

BACA JUGA:1,5 Tahun Ditawan KKB, Pilot Susi Air Akhirnya Dibebaskan

Ketua Harian KONI Lampung, Amalsyah, menyampaikan rasa syukurnya atas capaian ini.

“Alhamdulillah, Lampung tetap berada di peringkat 10 besar. Ini hasil kerja keras atlet, pelatih, serta dukungan luar biasa dari masyarakat Lampung,” ujar Amalsyah dalam konferensi pers di Medan, Sabtu 21 September 2024.

Meski masuk 10 besar, Lampung belum memenuhi target awal untuk meraih 35 medali emas, dengan hanya membawa pulang 22 medali emas. 

Evaluasi menyeluruh akan dilakukan untuk meningkatkan performa olahraga Lampung di masa mendatang.

BACA JUGA:Peduli Lingkungan Tanggung Jawab Bersama Untuk Masa Depan

BACA JUGA:KPU Lampung Utara Tetapkan DPT Pilkada 470.052 Pemilih

“Evaluasi ini penting agar kita terus maju dan berkembang. Semua pihak memiliki kontribusi besar, dan kami akan berupaya lebih baik lagi di masa mendatang,” kata Amalsyah.

Keberhasilan Lampung tidak lepas dari dukungan penuh Pj Gubernur Lampung, Samsudin, yang hadir langsung menyaksikan beberapa pertandingan. 

Saat menyaksikan atlet Muaythai pada 10 September 2024 lalu, Pj Gubernur Samsudin juga menyampikan ucapan terima kasih dan bangga atas prestasi yang berhasil diraih atlet Lampung pada PON XXI.

Kategori :