Pj Gubernur Lampung Hadiri Temu Bisnis P3DN Untuk Dorong Produk Lokal di Era Digital

Selasa 17-09-2024,19:39 WIB
Reporter : Dedi Andrian
Editor : Budi Setiawan

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Lampung, Samsudin, menghadiri acara Temu Bisnis Aksi Afirmasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Tahap Kedelapan Tahun 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE BSD), Tangerang, Banten, pada Selasa 17 September 2024.

Acara ini dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, dengan tema "Membangun Ekosistem Ekonomi Digital untuk Produk Lokal" dan berlangsung selama dua hari, 17-18 September 2024.

Acara ini merupakan kolaborasi antara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Kementerian Pertanian, bertujuan mempertemukan data kebutuhan produk dalam negeri dari pemilik anggaran dengan produsen yang terdaftar di Kementerian Perindustrian (Kemenperin). 

Menteri Kominfo, Budi Arie Setiadi, menekankan pentingnya Temu Bisnis P3DN sebagai platform strategis dalam mempercepat pertumbuhan industri dalam negeri melalui peningkatan penggunaan produk lokal. 

BACA JUGA:Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Lampung Triwulan II tahun 2024 Capai 4,80 Persen

BACA JUGA:Berjalan Sukses! Turnamen Tenis Meja RMD Cup Resmi Ditutup

Ia menyatakan, "Sinergi ini memungkinkan produk lokal tumbuh lebih cepat, baik dari segi kualitas maupun daya saing, serta menciptakan ekosistem industri berkelanjutan di era digital."

“Melalui sinergi ini, produk lokal dapat tumbuh lebih cepat, baik dari sisi kualitas maupun daya saing. Ini adalah langkah konkret untuk menciptakan ekosistem industri yang berkelanjutan di tengah era digital,” ungkapnya 

Lebih lanjut, Budi Arie menyebut bahwa acara ini dapat mendorong peningkatan belanja produk lokal dan memajukan industrialisasi serta digitalisasi ekonomi Indonesia, sehingga produk lokal dapat bersaing di pasar global. 

"Dengan tema Membangun Ekosistem Ekonomi Digital untuk Produk Lokal, acara ini bertujuan meningkatkan daya saing produk lokal melalui pemanfaatan teknologi digital, sehingga dapat bersaing di pasar global," ungkapnya.

BACA JUGA:Arinal-Sutono Mendapatkan Tambahan Dukungan 5 Parpol Non Parlemen

BACA JUGA:Seleksi CPNS Kemenag-Kemendikbud Diumumkan Hari Ini, Cek Sekarang

Menurutnya, penguatan industri dalam negeri juga berdampak pada ekonomi domestik dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan, dengan target kontribusi terhadap PDB mencapai 30%.

"Melalui acara ini, kami berharap industri dalam negeri mampu berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) hingga 30%,” tandasnya.

Acara ini sejalan dengan salah satu misi Asta Cita Presiden Terpilih Prabowo Subianto, yaitu "Melanjutkan Hilirisasi dan Industrialisasi untuk Meningkatkan Nilai Tambah di Dalam Negeri," yang bertujuan untuk mengembangkan potensi hilirisasi dan industrialisasi serta mengurangi ketergantungan impor.

Kategori :