Aparat Pekon Sri Menanti Diberikan Bimtek Capil

Senin 12-08-2024,21:05 WIB
Reporter : Dedi Andrian
Editor : Dedi Andrian

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampung Barat (Lambar), melanjutkan agenda bimbingan tenis (Bimtek) dan sosialisasi terkait pencatatan sipil, di Kecamatan Air Hitam, yakni Pekon Sri Menanti, Senin 12 Agustus 2024.

Seperti di yang telah dilaksakan di beberapa kecamatan lainnya yang telah dilaksakan, pihak dari Disdukcapil Lambar, yang memberikan bimbingan yani petugas Personal Linda Masoni, S.Ag., Abdul Rahman, S.I.P., yang dihadiri pihak kecamatan dan Peratin Sri Menanti Anggi Ismanto, S.Pd., didampingi Aparat Pekon Imam Tarmudi, dengan peserta aparatur pekon, tokoh masyarakat tokoh agama muslim, non muslim, dan bidan desa.

Linda Masoni mendampingi Kadisdukcapil Lambar Ruspan Anwar, S.H., mengatakan, peserta bimtek seperti kepala pemangku, tokoh masyarakat tokoh agama, bidan desa dan aparatur pekon lainnya.

Hal tersebut karena aparat pemerintah pekon, merupakan perwakilan pemerintah dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya Administrasi Kependudukan (Adminduk), dengan target upaya masyarakat betul-betul dapat melengkapi dan memiliki kelengkapan adminduk, kata dia.

BACA JUGA:Peringatan HUT Pramuka Ke-73 Kecamatan Kebun Tebu Gelar Kemah

BACA JUGA:Perpustakaan Keliling Hadir di Setiap Momen di Way Tenong, Lambar

Lanjutnya, diberikan sosialisasi itu, supaya masyarakat memahami pentingnya adminduk dan memiliki adminduk yang lengkap. "Yang kita tirik beratkan pada bimtek ini, tentang akta kematian akta lahir dan akta nikah (perkawinan), ujarnya. 

"Tiga jenis adminduk ini menjadi salah satu syarat yang selalu harus di lengkapi dalam berbagai urusan, seperti akte kelahiran persyaratan mendaftarkan diri sekolah akte perkawinan menjadi salah satu syarat seperti dalam penerimaan Bantuan Sosial (Bansos). Maupun keperluan lain yang tidak kalah pentingnya," sambungnya.

Atas dasar tersebutlah, terusnya, Disdukcapil Lambar secara intens setiap tahunnya melakukan bimtek yang diberikan secara bergilir tiap pekon/kelurahan seperti tahun ini. Sasaran satu pekon setiap kecamatan, dan untuk Kecamatan Air Hitam tahun ini menjadi giliran Pekon Sri Menanti. 

 "Bimtek terkait pencatatan sipil tahun ini di Kecamatan Air Hitam kita tempatkan di Pekon Sri Menanti. untuk kedepannya juga pasti akan menjadi giliran pekon lain," terangnya. 

BACA JUGA:Ditinggal Panen Ikan Rumah Ludes Terbakar, Anak Nyaris Jadi Korban

BACA JUGA:Realisasi PAD Lampung Barat Tembus Rp34 Miliar

 Sementara, Imam Tarmudi mengucapkan terima kasih atas kunjungan pihak Disdukcapil Lambar yang melakukan bimtek sistem jemput bola tersebut. Sehingga memberikan keringanan aparatur dalam memahami tujuan dari kegiatan dan langkah yang akan dilakukan untuk masyarakat. 

Karena itu kepada peserta sosialisasi ia menghimbau, ada pemahaman yang diperoleh dapat di sampaikan kepada masyarakat. Atau menjadi bahan pengetahuan aparatur dalam sosialisasi lanjutan.

"Terkait pentingnya adminduk, emang perlu dipahami aparatur pekon yang berkaitan langsung dengan masyarakat. Karena pengetahuan yang dia peroleh ini menjadi dasar untuk disampaikan ke warga agar kelengkapan adminduk memiliki setiap warga," tandasnya.

Kategori :