7 Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan

Rabu 17-07-2024,16:40 WIB
Reporter : Wiji
Editor : Budi Setiawan

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Daun kumis kucing (Orthosiphon aristatus) telah lama dikenal sebagai tanaman obat tradisional di Indonesia. Tanaman ini mudah ditemukan dan dipercaya memiliki berbagai manfaat kesehatan. 

Tanaman kumis kucing sering dianggap tanaman liar karena bisa dengan mudah ditemukan di mana saja.

Karena dianggap tanaman liar, banyak yang menyepelekan manfaat daun kumis kucing

Salah satu cara populer untuk mengonsumsinya adalah dengan merebus daunnya dan meminum air rebusannya.

BACA JUGA:Hari Terakhir MPLS di SMPN 1 Jatiagung Berjalan Lancar

Berikut beberapa manfaat rebusan daun kumis kucing untuk kesehatan:

1. Melancarkan buang air kecil: Daun kumis kucing bersifat diuretik, yang berarti dapat meningkatkan produksi urine. Hal ini membantu mengeluarkan kelebihan cairan dan natrium dari tubuh.

2. Menurunkan tekanan darah: Daun kumis kucing juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Efek ini diduga karena kandungan kalium dan flavonoid dalam daun kumis kucing yang dapat membantu merelaksasi pembuluh darah.

3. Menurunkan kadar gula darah: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun kumis kucing dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Efek ini diduga karena kandungan flavonoid dalam daun kumis kucing yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

BACA JUGA:Dinkes Ajak OPD Terapkan Kawasan Tanpa Rokok

4. Meredakan nyeri sendi dan rematik:Daun kumis kucing memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan nyeri sendi dan rematik.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh: Daun kumis kucing kaya akan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

6. Menjaga kesehatan pencernaan: Daun kumis kucing dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi masalah pencernaan seperti diare dan sembelit.

7. Merawat kesehatan kulit: Daun kumis kucing dapat digunakan untuk membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat, eksim, dan psoriasis.

BACA JUGA:Pilkada Serentak 2024, Nukman ‘Warning’ ASN Jaga Netralitas

Kategori :