Berikut Cara Merawat AC Mobil Agar Awet dan Tetap Dingin

Senin 15-07-2024,08:35 WIB
Reporter : Wiji
Editor : Budi Setiawan

5. Bersihkan Kondensor AC

Kondensor AC terletak di bagian depan mobil, tepatnya di depan radiator. Kondensor AC berfungsi untuk mendinginkan freon. Kotoran dan debu yang menempel pada kondensor AC dapat menghambat proses pendinginan freon, sehingga AC tidak dingin. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan kondensor AC secara rutin, minimal setiap 1 tahun sekali.

6. Jangan Mematikan AC Dalam Jangka Waktu Lama

Mematikan AC dalam jangka waktu lama, seperti saat mobil tidak digunakan selama beberapa minggu, justru dapat membuat AC cepat rusak. Hal ini karena komponen-komponen AC akan mengering dan menjadi kaku. Oleh karena itu, sebaiknya nyalakan AC mobil minimal 10 menit sekali, meskipun mobil tidak digunakan.

BACA JUGA:2 Bandar Narkoba Diringkus Polres Tuba, Segini BB yang Disita

7. Gunakan AC dengan Benar

Menyetel suhu AC pada tingkat yang wajar, tidak terlalu dingin.Memanaskan mesin mobil selama 3-5 menit sebelum menyalakan AC.Mematikan AC beberapa menit sebelum mematikan mesin mobil.

8. Lakukan Servis Berkala

Bawa mobil Anda ke bengkel untuk melakukan servis AC secara berkala, minimal setiap 6 bulan sekali. Servis AC meliputi pemeriksaan kondisi AC, pembersihan komponen AC, dan pengisian freon jika diperlukan.

BACA JUGA:Resahkan Pemilik Distributor! Komplotan Pencuri Sparepart Motor Diringkus Polisi

Selain itu gunakan parfum serta parkirkan mobil pada tempat yang teduh dan gunakan sunshade untuk melindungi mobil (*)

Kategori :